Penerbangan Garuda ke Silangit Dongkrak Kunjungan ke Danau Toba

Minggu, 21 Agustus 2016 – 11:28 WIB
Salah satu pesawat Garuda Indonesia saat mendarat di Bandara Silangit, Tapanuli Utara. Foto: Sumut Pos/JPNN

jpnn.com - BALIGE - Menteri Pariwisata Arief Yahya terus menyuarakan tentang konsep 3A dalam pariwisata, termasuk dalam mengembangkan Danau Toba di Sumatera Utara. Konsep 3A itu adalah atraksi, akses dan amenitas.

Menurutnya, akses yang mendukung akan mempercepat pengembangan danau kaldera terbesar di dunia itu. “Danau Toba akan cepat berkembang jika aksesnya dikebut!" ungkap Arief di Balige.

BACA JUGA: Terbang ke Medan-Takengon Cuma Rp 400 Ribu, Mau?

Arief lantas berterima kasih kepada Kementeruan Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) yang sudah melebarkan sekaligus menghaluskan jalur dari Bandara Silangit - Balige - Parapat. Sesuai janji, bulan Agustus 2016 saat Karnaval Kemerdekaan Pesona Danau Toba 2016, sudah beres. "Terima kasih Pak Bas (Menteri PUPR Basuki Hadimoeljono, red)," kata Arief.  

Mantan direktur utama PT Telkom itu juga mengucapkan terima kasih kepada Garuda Indonesia. Sebab, penerbangan langsung maskapai kebanggan nasional itu ke Bandara Silangit ikut berkontribusi pada tingkat pengunjung Karnaval Kemerdekaan Pesona Danau Toba (KKPDT) 2016 yang berlangsung 20-21 Agustus ini.

BACA JUGA: Jangan Sampai Salah, Hari ini Sriwijaya dan Nam Air Pindah Terminal

Apalagi, Garuda sudah menunjukkan dukungannya terhadap pengembangan Bandara Silangit dengan membuka rute penerbangan Medan-Silangit-Medan setiap hari. Vice President PT Garuda Indonesia Region Sumatera Syamsudin JS mengatakan, mulai tanggal 18 Agustus 2016 lalu maskapai BUMN itu membuka rute penerbangan Medan-Silangit-Medan.

Sebelumnya, Garuda bahkan sudah membuka rute Jakarta-Silangit-Jakarta, “Garuda Indonesia sebagai BUMN sangat mendukung keberadaan Bandara Silangit untuk dikembangkan. Apalagi, sudah diprogramkan Presiden RI bahwa Danau Toba merupakan salah satu dari sepuluh tujuan prioritas wisata di Indoensia,” katanya, Kamis (18/8) di Bandara Silangit pada acara penerbangan perdana Garuda Indonesia rute Medan-Silangit-Medan.

BACA JUGA: Proyek LRT Palembang Temui Beberapa Kendala

Kedatangan Syamsudin JS disambut Sekretaris Daerah Kabupaten Tapanuli Utara (Taput) Edward Tampubolon SE, Ketua DPRD Taput Ottoniyer MP Simanjuntak, Asisten II Osmar Silalahi SE dan para kepala dinas. Pada kesempatan itu, Syamsudin menerima penyematan ulos Batak sebagai pertanda ucapan terima kasih masyarakat Bonapasogit Tapanuli atas dibukanya penerbangan Garuda Indonesia  dengan rute Medan-Silangit-Medan setiap hari.

Menurut Syamsudin, penerbangan Garuda Indonesia ke Silangit telah memangkas jarak tempuh warga yang hendak berkunjung ke Tapanuli. Hal itu sejalan dengan pengembangan Danau Toba.

“Momen pengembangan wisata Danau Toba sangat tepat untuk dibukanya penerbangan Garuda Indonesia ke Silangit, khususnya buat pelanggan yang selama ini sudah mencintai penerbangan Garuda. Untuk itu, kami tetap siap memberikan pelayanan prima untuk semua lapisan masyarakat,” katanya.

Sedangkan Kepala Bandara Silangit Hotasi Manalu mengatakan, rute baru yang dilayani Garuda itu merupakan hal penting dalam pengembangan sektor perekonomian masyarakat di wilayah Tapanuli. Untuk itu, katanya, Bandara Silangit pun akan terus berbenah.

“Bandara Silangit akan terus berbenah sebagai bandara internasional. Pengembangan itu berkaitan dengan program pemerintah pusat terhadap wisata Danau Toba. Kami ucapkan selamat kepada penerbangan Garuda yang telah membuka rute Medan-Silangit-Medan setiap harinya,” ujar Hotasi.

Hal serupa disampaikan Ketua DPRD Taput Ottoniyer MP Simanjuntak. Dia menyambut baik kehadiran penerbangan Garuda di Bandara Silangit.

Sementra, Sekdakab Taput Edward Tampubolon mengatakan, pihaknya tetap berkomitmen mendukung pengembangan Bandara Silangit sehingga para penumpang nikmat menggunakan jasa penerbangan ke bonapasogit Tapanuli. Edward yang membacakan sambutan untuk mewakili Bupati Taput Nikson Nababan mengatakan, jasa penerbangan merupakan alternatif pilihan paling sesuai untuk mempercepat waktu tempuh.

Edward menjelaskan, Garuda sebelumnya telah membuat terobosan dengan membuka penerbangan Jakarta-Silangit pergi-pulang tiga kali dalam seminggu. Selain itu, juga dibuka penerbangan extra flight.

“Pemkab Taput sangat berbahagia atas rute baru ini yang juga turut menyosialisasikannya kepada masyarakat. Dengan beroperasinya penerbangan domestik rute Silangit-Kualanamu pulang pergi, akan memperlancar aktivitas masyarakat dari segi sosial, ekonomi, budaya dan politik,” ujarnya.

Ia menambahkan, kehadiran maskapai penerbangan Garuda ini menambah jumlah maskapai yang sudah ada dengan rute yang sama. Yakni maskapai Susi Air dan Wings Air, sehingga masyarakat mempunyai alternatif pilihan.(adv/jpnn)

 

BACA ARTIKEL LAINNYA... Mulai 27 Agustus, Lion Air Pindah Terminal 3


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler