Penetapan DPT Berlangsung Mulus

Kamis, 08 Desember 2016 – 08:37 WIB
Ilustrasi. Foto: dok jpnn

jpnn.com - JAKARTA - Penetapan Daftar Pemilih Tetap (DPT) Pilgub DKI Jakarta 2017 untuk wilayah Kota Jakarta Selatan rampung tanpa perdebatan, Selasa (6/12).

Penetapan DPT bertujuan menyatukan persepsi hasil PPDP yang dilaksanakan sebelumya, sampai dengan tahap akhir. Ketua KPU Jakarta Selatan Moch Iqbal menyatakan, banyak tahapan yang sudah lewati. 

BACA JUGA: Nahdlatul Wathan Siapkan Enam Kader

“Kita menetapkan DPT, berharap nantinya mendapatkan pemilih paling berkualitas, bersih, terbaik yang kita miliki se-Jakarta Selatan,” ujar dia.

Sementara itu, Wali Kota Jakarta Selatan Tri Kurniadi mengatakan, tahapan Pilgub sudah berjalan berkat kerja sama KPU dan unsur-unsur lainnya. 

BACA JUGA: Mas Agus Tak Berpengalaman, Empok Sylvi Bakal Lebih Dominan

"Saat ini sudah nampak jumlah pemilih yang ada di Jakarta Selatan, berharap pemilu akan datang berjalan dengan aman dan sukses," ujar dia.

Sedangkan Kapolres Metro Jakarta Selatan Kombes Pol Iwan Kurniawan menuturkan bahwa penetapan DPT ini sangat penting. Polri juga berupaya menguasai situasi di wilayah Jakarta Selatan. 

BACA JUGA: Timses Ahok Sesumbar Bisa Jungkir Balikkan Hasil Survei

"Situasi saat ini berbeda perlu mendapatkan dukungan bantuan informasi dari seluruh elemen masyarakat terkait gangguan kamtibmas. Dengan adanya masukan-masukan terkait gangguan kamtibmas," tandas Iwan.

Berdasarkan data yang dihimpun koran ini, jumlah DPT Jakarta Selatan sebanyak 1.593.700 pemilih. 

Di KPU Kepulauan Seribu, jumlah DPT sebanyak 17.415 pemilih. Jakarta Timur jumlah DPT sebanyak 2.009.831 pemilih. 

Sedangkan di KPU Kotamadya Jakarta Utara jumlah DPT sebanyak 1.091.874 pemilih. 

Adapun di KPU Jakarta Pusat terhimpung 747.152 pemilih dan Jakarta Barat, 1.652.051 pemilih. 

Total DPT KPU Kota/Kabupaten se-Provinsi DKI Jakarta yakni sebanyak 7.112.023 pemilih.

Sementara itu, Ketua KPU Jakarta Pusat Abdul Muin mengatakan, sidang DPT sangat dinamis. 

Sementara itu, Ketua Pokja Pendaftaran Pemilih KPU DKI Jakarta M Sidik mengatakan, untuk penetapan DPT di tingkat provinsi dilaksanakan pada 8 Desember 2016. 

"Kami akan mengundang seluruh tim pasangan calon dan stakeholder terkait. Penetapan DPT rencananya dilakukan malam hari. Sebab, kami juga ingin memberikan kesempatan timses dan pasangan calon untuk kampanye terlebih dahulu," ujar dia, saat menghadiri pleno DPT KPU Jakarta Utara, Selasa (6/12) malam. (ibl/dai/dil/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... SBY Disarankan Gelar Konferensi Pers untuk Jelaskan Harta Mas Agus


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler