Pengacara Mulai Berpikir Tangguhkan Penahanan Atut

Sabtu, 21 Desember 2013 – 19:57 WIB
Gubernur Banten, Ratu Atut Chosiyah saat memakai baju tahanan KPK. Foto: JPNN.com

jpnn.com - JAKARTA -- Kuasa Hukum Ratu Atut Chosiyah, Firman Wijaya mengaku akan mendiskusikan kepada pihak keluarga Gubernur Banten untuk mengajukan penangguhan penahanan. Menurutnya, pengajuan penangguhan penahanan itu merupakan hal yang legal dan merupakan hak yang diatur dalam KUHAP.

"Saya punya ide itu (penangguhan penahanan Atut). Tapi, kita akan diskusikan dengan pihak keluarga," ujar Firman menjawab JPNN lewat sambungan telepon seluler, Sabtu (21/12).

BACA JUGA: Rayakan Ultah, Hanura Siapkan Mobil untuk Hadiah

Firman melihat kepentingan yang lebih besar untuk penangguhan Atut saat ini. Kepentingan besar yang dimaksud adalah tugas-tugas yang masih diemban Atut sebagai gubernur.

Menurut Firman, kendati nanti akan mengalami transisi pemerintahan di Banten, tapi bukan sesuatu yang mudah. Karenanya, ia berharap agar diberikan penangguhan penahanan untuk Atut. "Saya harap agar diberikan penangguhan penahanan," tegasnya.

BACA JUGA: Setelah Tersangka, Atut tak Lagi Dianggap di Golkar

Ditegaska pula, penahanan Atut itu berlebihan. Sebab, ia menerangkan, kalau tidak ditahan Atut juga tak akan kemana-mana. Apalagi, kata dia, Atut sudah dicegah bepergian ke luar negeri.

"Jadi berlebihan kalau dibilang Ibu akan lari. Ibu tidak akan melarikan diri, apalagi Ibu sebagai kepala daerah yang masih harus melaksanakan tugasnya," kata Firman.

BACA JUGA: Hary Makin Yakin Hanura Kian Solid

Menurutnya pula, Atut selama ini kooperatif dan menghormati proses hukum yang berjalan.

Seperti diketahui Atut dijebloskan ke Rumah Tahanan Pondok Bambu, Jakarta Timur oleh Komisi Pemberantasan Korupsi, Jumat (20/12).

Itu menyusul penetapan politisi Partai Golongan Karya itu sebagai tersangka dugaan suap penanganan perkara sengketa Pemilihan Kepala Daerah Kabupaten Lebak, Banten di Mahkamah Konstitusi. (boy/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Mega Bicara Capres, Jokowi Sumringah


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler