Pengakuan Mahfud Tak Akan Membuat Nahdiyin Tinggalkan Jokowi

Jumat, 17 Agustus 2018 – 17:37 WIB
DUET: Joko Widodo dan KH Ma'ruf Amin di KPU, Jumat (10/8) usai didaftarkan sebagai calon presiden dan calon wakil presiden untuk Pemilu 2019. Foto: Ricardo/JPNN.Com

jpnn.com, JAKARTA - Pengamat komunikasi politik Emrus Sihombing memprediksi tingkat dukungan warga Nahdatul Ulama (NU) kepada Joko Widodo di Pemilihan Presiden (Pilpres) 2019 tak akan terpengaruh pengakuan Moh Mahfud MD soal intrik di balik penentuan calon wakil presiden (cawapres) bagi tokoh yang beken disapa dengan panggilan Jokowi itu.

Emrus mengatakan, Kiai Ma'ruf merupakan rais aam syuriah NU atau menjabat posisi tertinggi di organisasi bagi warga nahdiyin iyu. Selain itu, Kiai Ma’ruf merupakan ketua umum Majelis Ulama Indonesia (MUI).

BACA JUGA: Obor Asian Games Nyalakan Semangat HUT RI ke 73 di Istana

"Harus diingat, tradisi dari pesantren itu sangat menghormati senior. Sampai sekarang terpelihara dengan baik. Saya kira itu bisa dilihat dalam kehidupan sehari-hari ketika bertemu tokoh senior atau seorang kiai, maka umat akan mencium tangan," ujar Emrus kepada JPNN, Jumat (17/8).

Pengajar di Universitas Pelita Harapan itu menambahkan, mencium tangan seorang kiai merupakan bukti nyata santri sangat mengagumi dan menghormati seseorang yang dianggap sebagai pemimpin umat.

BACA JUGA: Data Resmi: Jokowi - Ma’ruf Jauh di Bawah Prabowo - Sandiaga

Meski demikian, kata Emrus, kubu Joko Widodo (Jokowi) tak cukup hanya mengandalkan ketokohan Ma'ruf jika tak mau elektabilitasnya tergerus. Pasangan petahana itu harus mampu menawarkan program yang bisa menyejahterakan warga NU maupun masyarakat pada umumnya.

"Saya kira Pak Ma'ruf pernah menggaungkan ekonomi keumatan. Saya kira figur ketokohan ditambah program meningkatkan kesejateraan, keterampilan di pesantren menjadi enterprenur selain ilmu agama, bisa mendulang suara Jokowi-Ma'ruf," pungkas Direktur Eksekutif EmrusCorner ini.(gir/jpnn)

BACA JUGA: Sandiaga Uno Pamer Foto Kemesraan dengan PBNU

BACA ARTIKEL LAINNYA... Sangat Aneh, Capres Oposisi Kok Sowan ke Wakil Presiden


Redaktur & Reporter : Ken Girsang

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler