Pengamat: Hubungan Paloh-Jokowi Tidak Baik-baik Saja

Jumat, 09 Desember 2022 – 14:29 WIB
Pengamat Politik Ujang Komarudin menilai hubungan Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Ketua Umum NasDem Surya Paloh saat ini tidak baik-baik saja. Ilustrasi. Foto/dok: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Pengamat politik Ujang Komarudin menilai hubungan antara Ketum NasDem Surya Paloh dan Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) tidak baik-baik saja.

Ujang mengatakan itu menanggapi langkah Paloh yang absen ke pesta pernikahan putra bungsu Jokowi, Kaesang Pangarep meskipun pendiri Media Group itu diundang ke acara.

BACA JUGA: Lihat, Jokowi Siram hingga Gendong Kaesang Sebelum Menikah

"Saya, sih, melihatnya ya, memang ada yang janggal. Artinya hubungan baik itu (antara Paloh-Jokowi) sudah pupus, sudah sirna dan sudah tidak ada," kata Direktur Eksekutif Indonesia Political Review itu melalui layanan pesan, Jumat (9/12).

Menurut Ujang, hubungan Paloh-Jokowi sebenarnya sangat mesra saat periode pertama kepemimpinan kepala negara.

BACA JUGA: Prosesi Siraman Kaesang Pangarep, Pak Jokowi Pakai Beskap Pink Fuchsia

Dia menyebut hubungan terus terjaga sampai Jokowi maju sebagai kontestan Pilpres 2019.

Paloh bersama NasDem tetap mendukung eks Gubernur DKI Jakarta itu sebagai Capres 2019. "Ibaratnya, suka duka sejalan," kata Ujang.

BACA JUGA: Tak Bisa Menghadiri Pernikahan Kaesang-Erina, Surya Paloh Berkirim Surat ke Jokowi

Namun, kata Ujang, hubungan antara kedua tokoh mulai merenggang setelah NasDem mendukung mantan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan sebagai Capres 2024.

"Pascadeklarasi Anies pada Oktober yang lalu (2022, red) itu sudah putus hubungan politik antara Surya Paloh dengan Jokowi," kata Ujang.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo akan menikahkan putra bungsunya, Kaesang Pengarep dan Erina Gudono pada Minggu (11/12).

Ketua Bidang Media dan Komunikasi Publik DPP Partai NasDem Charles Meikyansah mengatakan Paloh dijadwalkan berobat ke luar negeri sehingga pria kelahiran Aceh itu tak hadir ke pesta pernikahan Kaesang.

"Mohon maaf, Bapak Surya (Paloh, red) tidak bisa hadir memenuhi undangan karena tengah berobat yang sudah terjadwal dari tahun lalu ke Jerman," kata Charles kepada wartawan, Kamis (8/12).

Dia mengatakan Surya Paloh berada di luar negeri sejak 24 November 2022 hingga awal Januari 2023.

Namun, Charles mengatakan Paloh sebenarnya sangat berharap bisa hadir langsung saat momen istimewa bagi keluarga Presiden Jokowi. (ast/jpnn) 


Redaktur : Friederich Batari
Reporter : Aristo Setiawan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler