Pengganti Kopi yang Bikin Sore Anda Penuh Energi

Selasa, 04 Februari 2014 – 14:52 WIB
Ilustrasi

jpnn.com - Ketika energi mulai menurun di sore hari, banyak orang yang langsung beralih ke kopi agar bisa segar kembali. Bahkan menurut sebuah studi, kecenderungan ini membuat banyak orang memiliki ketergantungan pada kafein.

"Kita akan mengkonsumsi apapun yang bisa mengembalikan atau menambah energi kita, dan kita jadi terlalu bergantung pada kopi lebih dari apapun," kata ahli penyakit dalam yang juga pakar kelelahan, Dr. Jacob Teitelbaum, MD, seperti dilansir laman Huffington Post.

BACA JUGA: Sunat Tak Sunat Sama-sama Nikmat

Bukannya kopi buruk bagi kesehatan, justru kandungan antioksidannya sangat dibutuhkan. Namun jangan sampai porsinya berlebihan, misalnya tujuh cangkir dalam sehari.

Lebih baik, jangan bergantung pada kopi dan atasi kelelahan serta tingkatkan energi anda sore ini dengan hal lain.

BACA JUGA: Ekstrak Biji Anggur Sembuhkan Kanker Prostat

1. Mengunyah permen karet

Permen karet tidak hanya menyegarkan nafas namun juga merevitalisasi tubuh. Sebuah studi yang dilakukan di UK menunjukkan orang-orang yang mengunyah permen karet selama 15 menit memiliki tingkat kewaspadaan yang lebih tinggi daripada yang tidak makan permen karet.

BACA JUGA: Ada Chip Pengontrol Nafsu Makan

Teitelbaum menambahkan pilihlah permen karet rasa mint karena mint dapat merangsang serat-serat saraf sehingga rasanya seperti memercikkan air dingin ke muka saat anda tengah mengantuk atau tak bergairah lagi di tengah jam kerja.

2. Konsumsi makanan dari gandum utuh

Karbohidrat olahan (refined carb) memang dapat menambah energi namun sifatnya hanya sementara, lain halnya dengan makanan berbahan gandum utuh. Faktanya, sebuah studi menemukan bahwa orang yang mengganti asupan karbohidrat olahannya dengan makanan berbahan gandum utuh sebanyak tiga porsi sehari dilaporkan benar-benar mengalami peningkatan energi.

3. Menyalakan lampu

Sebuah studi dari New York menemukan bahwa lampu berwarna merah lebih bisa membuat seseorang terjaga di sore hari dibanding lampu biru.

"Dengan dipapari lampu merah anda akan memiliki kewaspadaan tinggi, sedangkan lampu biru membuat anda tetap waspada namun tenang," kata Teitelbaum. Untuk itu, Teitelbaum menyarankan agar memasang lampu biru di meja kerja dan lampu merah di kamar tidur, karena kewaspadaan tinggi yang diakibatkan oleh paparan cahaya lampu merah dapat diartikan sebagai energi seksual.

4. Belajar hal baru

Ketika ngantuk menyerang di tengah jam kerja, jangan buang-buang waktu untuk mengecek email atau membuat to-do list karena aktivitas itu tidak terbukti menambah energi. Yang perlu dilakukan adalah belajar hal baru.

"Semakin Anda aktif menggunakan otak, maka aktivitas tersebut akan membuat anda semakin siaga. Namun lakukan sesuatu yang menurut anda menarik," kata John Caldwell, Ph.D, pakar manajemen kelelahan.

5. Berkebun

Berkebun atau menggali tanah untuk bercocok tanam terbukti dapat merangsang energi seseorang karena kontak antara kulit dengan tanah dapat melawan stres oksidatif dalam tubuh, sehingga membuat anda menjadi berenergi.

6. Menyanyikan lagu favorit

Musik memang dapat membuat seseorang merasa bergairah, apalagi jika anda ikut bernyanyi. Tim peneliti dari London menemukan bahwa bernyanyi menambah energi dan meredakan ketegangan hampir sama banyaknya dengan latihan kardio.

Namun pilihlah lagu yang benar-benar membuat anda ingin bernyanyi sepenuh hati. Lebih baik lagi jika anda melakukannya sambil berdiri karena sebuah studi menunjukkan berdiri dapat memberikan tambahan energi secara instan.

7. Memijat telinga

Mungkin terdengar aneh tapi menekan atau memijat kuping bagian luar terbukti dapat membantu menyegarkan seluruh tubuh, karena meridian akupresur atau jalur energi pada tubuh seseorang terletak pada telinga luarnya. Caranya cubit tepi telinga luar dan gosok dengan arah naik-turun selama 10 hingga 30 detik.(fny/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Mengunyah Pelan Bisa Kurangi Kalori


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler