Pengguna Bus AKAP Turun, Pemprov DKI Janji Berbenah

Senin, 20 Juli 2015 – 14:05 WIB
Ilustrasi.

jpnn.com - JAKARTA - Kepala Dinas Perhubungan dan Transportasi DKI Jakarta Andi Yansyah mengatakan, pengguna bus Antar Kota Antar Provinsi (AKAP) di sejumlah terminal pada mudik lebaran tahun ini tidak begitu ramai dibanding tahun lalu.

Hingga H+2, pengguna bus AKAP setidaknya berjumlah sekitar 164.057 jiwa. Angka ini menurun dibandingkan jumlah pengguna AKAP tahun lalu di hari yang sama, yakni‎ sekitar 212.591 jiwa.

BACA JUGA: PT Transjakarta Ingin Percepat Pengadaan Bus Berbahan Bakar Diesel

"Banyak bus AKAP yang hanya pakir di terminal akibat sepi‎ pengunjung. Pengguna AKAP tahun ini menurun 21 persen ketimbang tahun lalu," kata Andri, Senin (20/7). 

‎Ia menjelaskan, peminat bus AKAP berkurang tahun ini karena disebabkan kurang nyamannya kondisi terminal dan armada bus. Penyebab lainnya adalah program mudik gratis, pengguna kendaraan‎ pribadi dan peningkatan layanan kereta api. 

BACA JUGA: PT Transjakarta Rekrut 100 Teknisi

Karena itu, Dishubtrans DKI akan melakukan pembenahan supaya bisa meningkatkan pengguna bus AKAP. Misalnya dengan melakukan pergantian sumber daya manusia, yang mana orang-orang lama diganti dengan ‎orang baru yang memiliki visi ke depan dalam memberikan pelayanan dan kenyamanan bagi masyarakat. 

Selain itu, Dishubtrans DKI akan membuat peraturan atau rambu-rambu yang ketat dan tegas. ‎Andri menyatakan, pihaknya akan mencontoh PT KAI.

BACA JUGA: Duh! Puncak Macet Parah

"Kami mau mencontoh PT KAI dalam meningkatkan pelayanannya. Paling penting kami ganti orang-orang lama dengan orang-orang baru," tandas Andri. ‎(gil/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Libur Lebaran, Ragunan dan Ancol Diserbu Wisatawan


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler