Penjelasan Jenderal Andika Tentang Terbitnya SKEP Panglima TNI Terbaru

Senin, 22 November 2021 – 22:57 WIB
Presiden Joko Widodo menyerahkan tongkat komando kepada Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa. Foto: Biro Pers dan Media Istana Kepresidenan

jpnn.com, JAKARTA - Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa angkat bicara tentang terbitnya Surat Keputusan (SKEP) bernomor Kep/1029/XI/2021 tertanggal 17 November 2021.

Surat itu berisikan tentang pergantian atau rotasi jabatan di lingkungan TNI yang melibatkan sejumlah perwira tinggi dan menengah.

BACA JUGA: Jenderal Andika Kunjungi Mabes TNI AL & Mabes TNI AU, Nih Tujuannya

Menurut Andika, proses penerbitan SKEP Panglima TNI itu sudah melalui rapat Dewan Jabatan dan Kepangkatan Tinggi (Wanjakti) yang digelar pada September 2021.

"Kalau yang mutasi kemarin, SKEP Panglima TNI itu Wanjaktinya sebenarnya sudah selesai sejak September," kata eks Danpaspampres itu di Mabesal, Jakarta, Senin (22/11).

BACA JUGA: Soal Pangkostrad Pengganti Jenderal Dudung, Andika Perkasa: Saya Baru Merencanakan Menghadap Presiden

Dia menuturkan bahwa hasil SKEP Panglima TNI itu bukan hasil arahannya seorang. Hanya saja, surat tersebut terbit setelah Andika menjabat Panglima TNI.

"Jadi, yang keluar kemarin, itu hasil dari Wanjakti yang sudah disepakati, sudah dirapatkan pada September termasuk yang didengar kemarin, Danjen Kopassus menjadi Pangdam Iskandar Muda di Aceh," tutur Andika.

BACA JUGA: Jenderal Andika Pilih Mabesal Sebagai Lokasi Kunjungan Kerja Perdananya

SKEP bernomor Kep/1029/XI/2021 tertanggal 17 November 2021 menyatakan ada 23 perwira tinggi yang berganti jabatan di lingkungan TNI.

Misalnya, Jenderal Dudung Abdurachman menjadi KSAD dari sebelumnya menjabat Pangkostrad.

Letjen Ganip Warsito yang sebelumnya menjabat Kepala BNPB ditarik menjadi Pati Mabes TNI AD dalam rangka pensiun.

Letjen Suharyanto yang sebelumnya Pangdam V/Brawijaya diangkat menjadi Kepala BNPB. Mayjen Nurcahyanto yang sebelumnya menjabat Aster KSAD menjadi Pangdam V/Brawijaya.

Berikutnya, Mayjen Achmad Marzuki menjabat Aster KSAD dari sebelumnya menempati Pangdam Iskandar Muda.

Mayjen Muhammad Hasan yang sebelumnya menjabat Danjen Kopassus, kini menjabat Pangdam Iskandar Muda.

Mayjen Teguh Muji Angkasa dipercaya mengemban posisi Danjen Kopassus dari posisi sebelumnya Dosen Tetap Unhan.

Mayjen Gregorius Henu Basworo kini menjabat Dosen Tetap Unhan dari sebelumnya menjabat Pa Sahli Tk.III KSAD Bidang Wassus dan LH.

Brigjen TNI Bahman dari Dirdiklat Pusterad menjadi Pa Sahli Tk III KSAD Bid Wassus dan LH.

Brigjen TNI Farid Makruf dari Danrem 132/Tadulako (Palu) Kodam XIII/Merdeka kini menjabat Dirdiklat Pusterad.

Brigjen TNI Toto Irwanto dari sebelumnya Waaster KSAD Bid Tahwil Komsos dan Bakti TNI menjadi Danrem 132/Tadulako (Palu) Kodam XIII/Merdeka.

Brigjen TNI Junaedi dari sebelumnya menjabat Kapoksahli Pangdam I/BB menjadi Waaster KSAD Bid Tahwil Komsos dan Bakti TNI.

Kolonel Arm Immer Hotma Partogi Butarbutar dari Kasrem 181/PVT (Sorong) Kodam XVIII Kasuari menjadi Kapoksahli Pangdam I BB.

Marsda TNI Budi Prasetyono dari sebelumnya menjabat Pa Sahli Tk III Bid Ekkudag Panglima TNI menjadi Staf Khusus KSAU.

Marsma TNI dr Didik Kestito yang sebelumnya menjabat Waka Puskes TNI menjadi Pa Sahli Tk III Bid Ekkudag Panglima TNI.

Marsma TNI M Daradjat yang sebelumnya menjabat Staf Khusus KSAU menjadi Waka Puskes TNI.

Marsma TNI Petrus H Sujatmoko dari sebelumnya menjabat Pa Sahli Tk II Poldagri Sahli Bid Polkamnas Panglima TNI kini menjadi Staf Khusus Panglima TNI.

Kolonel Tek Surip Suparjo dari Dirharsenban Koharmatau menjadi Pa Sahli Tk II Poldagri Sahli Bid Polkamnas Panglima TNI.

Brigjen TNI Eko Ganento Utomo dari Pa Sahli Tk II Bid Banusia Panglima TNI menjadi Pati Mabes TNI AD dalam rangka pensiun.

Kolonel Arm Djonny Indramawan yang sebelumnya menjabat Kadep Faljuang Sesko TNI menjadi Pa Sahli Tk II Bid Banusia Panglima TNI.

Laksda TNI Suratno dari Tenaga Ahli Pengkaji Bid Wawasan Nusantara Lemhannas menjadi Pati Mabes TNI AL dalam rangka pensiun.

Laksma TNI Tedjo Sukmono dari sebelumnya Deputi Bid Operasi Pencarian dan Pertolongan dan Kesiapsiagaan BNPP (Basarnas) menjadi Pati Mabes TNI AL dalam rangka pensiun.

Kolonel Sus Arif Wicaksono dari Kasubdis Kermajiankum Diskumau menjadi Panitera Dilmaltama Mahkamah Agung. (ast/jpnn)


Redaktur : Djainab Natalia Saroh
Reporter : Aristo Setiawan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler