Penjelasan Pemkot Bandung Soal Lapangan Sidolig yang Dikeluhkan Pelatih Persib

Rabu, 17 Juli 2024 – 12:42 WIB
Para pemain Persib saat menjalani latihan di Stadion Sidolig, Kota Bandung. Foto: Nur Fidhiah Shabrina/JPNN.com

jpnn.com, BANDUNG - Kondisi Lapangan Sidolig milik Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung dikeluhkan oleh pelatih Persib Bojan Hodak.

Dia menyebut bahwa lapangan tersebut kurang layak dan kualitasnya buruk untuk digunakan tim profesional seperti Persib.

BACA JUGA: Apa Target Bojan Hodak Setelah Perpanjang Kontrak dengan Persib Bandung?

Menanggapi hal itu, Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kota Bandung Eddy Marwoto mengatakan, bahwa Hodak tidak paham dengan kondisi Lapangan Sidolig yang sebenarnya bukan milik PT Persib Bandung Bermartabat (PBB).

“Jadi bukan keluhan, itu hanya ketidaktahuan,” kata Eddy saat dihubungi, Rabu (17/7/2024).

BACA JUGA: Pelatih Persib Bicara Kualitas Rumput Stadion Sidolig yang Buruk

Eddy menjelaskan, dikarenakan lapangan tersebut milik Pemkot Bandung, maka penggunaannya tidak selalu diperuntukan bagi Persib.

Akan tetapi, setahun ke belakang lapangan ini paling banyak dipakai oleh tim kebanggaan warga Jawa Barat tersebut.

BACA JUGA: Alasan Persib Bandung Melepas Ezra Walian, Ternyata!

Dengan lapangan yang dipakai hampir setiap hari, maka harus ada perbaikan kondisi agar tetap optimal ketika dipakai tim sepakbola.

"Memang Stadion Sidolig sedang masa pemeliharaan karena seringnya digunakan latihan oleh tim Persib pada saat Liga 1 yang lalu sehingga butuh maintenance (perbaikan) yang baik,” ucapnya.

Sebelumnya, pelatih Persib Bandung Bojan Hodak mengeluhkan kualitas rumput di Stadion Sidolig, tempat tim berlatih, yang buruk.

Dia melihat kondisi rumput banyak yang berlubang dan tidak cocok dipakai tim yang akan berlaga di kompetisi nasional dan internasional.

“Lapangan latihan buruk,” kata Hodak ditemui seusai memimpin sesi latihan di Stadion Sidolig, Jalan Ahmad Yani, Kota Bandung, Selasa (16/7/2024).

Dalam persiapan musim ini, Persib menggunakan dua lapangan yang berbeda, yakni Stadion Sidolig yang dikelola oleh Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung dan Lapangan Arcamanik di Sport Jabar milik Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Barat.

Menurut Hodak, sebagai klub sepak bola profesional seharusnya Persib memiliki lapangan yang tidak dipakai bersamaan dengan umum. Sementara kondisi yang terjadi, Persib masih harus berbagi lapangan dengan pihak umum.

“Harapan saya mereka bisa memperbaikinya. Karena jika tidak, maka kami harus mencari lapangan latihan yang lain,” tutur juru taktik asal Kroasia itu.

Tidak hanya pelatih, pemain Persib juga mengeluhkan kondisi Lapangan Sidolig. Pada sesi latihan, beberapa pemain bahkan menunjukkan kerikil batu yang ada di lapangan.

Stadion Sidolig sebelumnya direnovasi untuk tempat berlatih kontestan tim Piala Dunia U-17 di Bandung pada November 2023.

Sempat dipugar dan memiliki kualitas berstandar FIFA, sekarang kondisi rumput di Sidolig justru mengalami penurunan dan rusak. (mcr27/jpnn)


Redaktur : Dedi Yondra
Reporter : Nur Fidhiah Sabrina

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler