Penjualan Mobil di Eropa Terangkat Lagi

Sabtu, 18 Mei 2013 – 14:27 WIB
MILAN - Untuk pertama kalinya dalam 18 bulan terakhir angka penjualan mobil baru di Eropa meningkat pada April lalu. Peningkatannya mencapai 1,8 persen atau 1,08 juta unit dibandingkan tahun lalu. Terakhir kali peningkatan penjualan mobil terjadi pada September 2011 silam.

Asosiasi industri mobil Eropa (ACEA) menyatakan, peningkatan ini didorong oleh penjualan di Inggris dan musim libur Paskah yang lebih cepat. Penjualan mobil di Inggris mencapai 15 persen lebih tinggi dan terbesar dalam lima tahun terakhir.

Menurut USA Today, Jumat, (17/5), tanpa peningkatan di Inggris, angka penjualan di Eropa mungkin akan mengalami penurunan. Permintaan mobil baru di Eropa anjlok dan terendah dalam 17 tahun tahun terakhir pada tahun lalu, akibat resesi dan tingkat pengangguran yang tinggi.

Pasar mobil baru Inggris tumbuh selama 14 bulan berturut-turut. Di bulan April saja, penjualan mobil baru mencatat angka terbaik sejak 2008.

Penjualan mobil di sejumlah negara pada tahun ini juga mulai menunjukkan peningkatan, meski masih ada yang mengalami penurunan.  Sama seperti Inggris yang mengalami peningkatan, penjualan mobil di Spanyol dan Jerman juga meningkat 3,8 persen. Tetapi di Prancis anjlok 5,3 persen dan penurunan di Italia mencapai 10,8 persen.(Esy/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Bangun Sinergi, Pegadaian Gandeng Peruri

Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler