Penjualan Mobil Merosot, GM Jualan Sepeda Listrik

Minggu, 17 Februari 2019 – 10:12 WIB
Sepeda Listrik GM Ariv. Foto: General Motors 1

jpnn.com - Melihat penjualan mobil yang kurang bergairah, membuat General Motors (GM) harus berpindah haluan dengan meluncurkan sepeda listrik yang diberi nama Ariv.

Hadirnya Ariv, merupakan langkah GM untuk memperluas portofolio dan diharapkan dapat melindungi dari ketidakpastian pasar yang terus berubah.

BACA JUGA: Harley-Davidson Kenalkan Dua Konsep Sepeda Listrik

Kabarnya, GM akan mendapatkan persaingan dari berbagai produsen mobil lain yang bermain di sepeda listrik, sebut saja Ford telah memproduksi sepeda listrik, moped dan skuter listrik untuk merubah perilaku bertransportasi masyarakat.

Baca juga: General Motors Putuskan Tutup 5 Pabrik Mobil di Amerika

BACA JUGA: Senja Kala Manufaktur Otomotif Amerika Serikat, Tesla, GM dan Ford

Sepertinya selaras juga dengan langkah Harley Davidson yang menghadirkan dua konsep sepeda listrik.

"Saya pikir GM dan Ford sama-sama mulai mencoba membuat transportasi nontradisional karena penjualan kendaraan mereka secara keseluruhan telah menurun," kata analis CFRA Garrett Nelson seperti dilansir CNBC, Minggu (17/2).

BACA JUGA: GM Percayakan Tuah Cadillac di Mobil Listrik Mewah

Baca juga: GM Percayakan Tuah Cadillac di Mobil Listrik Mewah

GM jualan sepeda listrik Ariv di beberapa negara Eropa seperti Jerman, Belgia dan Belanda. GM memasarkan 2 model Ariv : Meld e-bike Kompak dan Merge e-bike lipat.

Dalam performa, keduanya disematkan motor listrik yang dirancang khusus untuk bisa menghadirkan tenaga dan torsi. GM mengklaim sepeda listrik ini dapat mencapai kecepatan tertinggi 25 km/jam (15,5 mph).

Menariknya, sepeda listrik itu menawarkan empat tingkat daya yang dibantu pedal layaknya sepeda konvesional.

Menurut GM, Ariv dibekali baterai lithium-ion yang dirancang dan divalidasi dengan standar pengujian ketat mirip mobil listrik. Pengisian baterai hingga 100 persen hanya membutuhkan waktu 3,5 jam dan menghasilkan jangkauan hingga 64 kilometer (40 mil).

Tak hanya itu, kedua sepeda listrik itu juga menawarkan komponen keselamatan seperti lampu depan dan belakang LED yang dapat diisi ulang serta rotor rem besar.

Soal harga, di Belgia dan Belanda, Ariv Meld ditawarkan dengan harga 3.200 US dolar atau sekitar Rp48 juta dan Ariv Merge dibanderol dengan 3.800 US dolar atau sekitar Rp 57 juta. (mg9/jpnn)

 

BACA ARTIKEL LAINNYA... Menunggu Baby Blazer dari Chevrolet Trax Terbaru


Redaktur & Reporter : Dedi Sofian

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler