Penjualan Pelaku Usaha Bisa Naik 7 Kali Lipat Berkat Live Shopping di ShopTokopedia

Senin, 19 Agustus 2024 – 22:13 WIB
Pelaku usaha lokal, NPURE dan SAFF & Co. mengungkapkan kegiatan live shopping masih sangat diminati masyarakat lewat ShopTokopedia dalam aplikasi TikTok. Foto: Dokumentasi Tokopedia

jpnn.com, JAKARTA - Kolaborasi antara Tokopedia dan ShopTokopedia terus menghasilkan dampak yang signifikan.

Saat ini, ada lebih dari 21 juta penjual tergabung di platform Tokopedia dan ShopTokopedia, yang memungkinkan masyarakat untuk mengakses lebih banyak produk kebutuhan dengan kualitas dan harga yang transparan sekaligus berbelanja online dengan cara yang lebih menarik.

BACA JUGA: Kampanye ‘Tokopedia Coffee Fest’ Dongkrak Penjualan Pelaku UMKM Kopi Hingga 50 Persen

Selain itu, data terbaru mencatat 60 persen konten promosi di TikTok dukung produk lokal di ShopTokopedia.

Hal ini mendorong Tokopedia dan ShopTokopedia terus menggencarkan kampanye Beli Lokal dan Promo Guncang agar produk buatan brand lokal selalu mendapatkan panggung khusus.

BACA JUGA: Berkat Kampanye Beli Lokal di Tokopedia & ShopTokopedia, Penjualan 3 Brand Lokal Ini Melejit

Communications Senior Lead Tokopedia and ShopTokopedia Rizky Juanita Azuz mengatakan fitur live shopping di ShopTokopedia yang tersedia dalam aplikasi TikTok memberikan strategi pemasaran interaktif yang dapat dimanfaatkan oleh pelaku usaha, termasuk brand lokal dari berbagai kategori.

"Mulai dari kecantikan dan perawatan diri, fashion, makanan dan minuman, hingga kategori lainnya untuk menjangkau audiens yang lebih luas dan berinteraksi langsung dengan calon pembeli," ungkap Rizky Juanita Azuz.

BACA JUGA: Tokopedia & ShopTokopedia Rekap Tren Belanja Online Sepanjang Semester I 2024, Meningkat!

Live Shopping Masih Diandalkan

Hasil survei MetrixLab pada tahun 2024 menyatakan live shopping penjual di ShopTokopedia membawa dampak signifikan pada calon pembeli, yaitu pengguna 3,4 kali lipat lebih mungkin browsing TikTok untuk mengeksplor produk baru.

Kemudian pengguna 2,5 kali lipat lebih mungkin mempertimbangkan melakukan pembelian setelah menyaksikan live stream penjual.

Selain itu, 2 dari 3 pengguna cenderung melakukan pembelian di hari yang sama setelah melakukan pembelian di ShopTokopedia, dan 64 persen pembeli akan meninggalkan ulasan setelah melakukan pembelian di ShopTokopedia.

Pengalaman live shopping dapat mempermudah penjual dalam meningkatkan kunjungan bahkan penjualan.

Sebab, masyarakat bisa memperoleh informasi lebih mendalam tentang produk yang dibutuhkan, lengkap dengan berbagai promosi yang menarik.

Kemudahan ini juga tercermin dari berbagai dampak positif yang dicatat Tokopedia dan ShopTokopedia selama semester I 2024 dibandingkan semester I 2023.

Rizky mengungkapkan pelaku usaha yang melakukan live shopping di ShopTokopedia rata-rata mengalami kenaikan penjualan hampir 7 kali lipat jika dibandingkan dengan penjual lainnya yang tidak melakukan live shopping.

"Beberapa kategori yang paling laris di live shopping di ShopTokopedia selama semester pertama 2024, antara lain kategori skincare atau perawatan kulit, hijab dan dessert atau makanan manis," ungkap Rizky.

ShopTokopedia juga mencatat di DKI Jakarta, jumlah pelaku usaha yang melakukan live shopping melonjak hampir 2 kali lipat selama semester I 2024 dibandingkan semester I 2023.

"ShopTokopedia juga melihat beberapa daerah lainnya, seperti Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah hingga Jawa Timur, mengalami kenaikan jumlah penjual yang melakukan live shopping hingga 1,5 kali lipat,” kata Rizky.

Salah satu contoh brand lokal yang merasakan manfaat dari adanya Tokopedia dan ShopTokopedia adalah NPURE dan SAFF & Co.

Memanfaatkan Peluang Live Shopping hingga Mendongkrak Penjualan Berkali Lipat

NPURE didirikan pada tahun 2017 oleh Willy Handoko setelah melihat banyaknya produk skincare dari luar negeri namun sulit untuk didapatkan.

Tantangan ini justru membuka kesempatan bagi NPURE untuk berinovasi dengan mengeluarkan rangkaian produk yang menggunakan bahan baku alami yang berasal dari petani lokal.

Misalnya, NPURE Centella Asiatica Series menggunakan daun pegagan, NPURE Marigold Series menggunakan bunga gemitir dan NPURE Noni Probiotics Series menggunakan kandungan mengkudu.

"Sebagai salah satu brand skincare lokal terbaik, NPURE berkomitmen mewujudkan generasi kulit sehat pada masyarakat Indonesia," kata Chief Marketing Officer NPURE Joanne Victoria.

Dia mengatakan seluruh produk NPURE diformulasikan hanya dengan bahan-bahan alami dan organik yang terbaik dalam rangka upaya untuk menyediakan produk perawatan kulit berkualitas yang sesuai dengan kulit orang Indonesia.

"Melalui NPURE, kami berharap semakin banyak masyarakat juga semakin sadar akan gaya hidup yang lebih sehat,” ujar Joanne.

Menurut Joanne, pemanfaatan platform online seperti Tokopedia dan ShopTokopedia yang bisa diakses di aplikasi TikTok sangat penting agar eksistensi NPURE bisa selalu terjaga.

"NPURE rutin mengikuti berbagai kampanye yang ditawarkan Tokopedia dan ShopTokopedia, salah satunya Promo Guncang dan Beli Lokal," ungkapnya.

Selain itu, kata Joanne, fitur live shopping di ShopTokopedia juga sangat membantu mendongkrak penjualan NPURE hingga 4 kali lipat.

NPURE juga membagi beberapa tips bagi UMKM lokal yang ingin memulai memanfaatkan fitur live shopping di ShopTokopedia.

“Jangan takut untuk #MulaiAjaDulu. Siapkan peralatan sederhana yang menunjang kegiatan live shopping, misalnya tripod atau ring light. Perhatikan juga display produk dan upayakan mengatur display semenarik mungkin, dengan memperhatikan sudut kamera dan pencahayaan,” tutur Joanne.

SAFF & Co., contoh pelaku usaha parfum lokal di Tokopedia dan ShopTokopedia, juga melihat keberadaan fitur live shopping di ShopTokopedia sangat berkontribusi pada penjualan.

Ketika industri lokal parfum masih berkembang di tahun 2020, SAFF & Co. mengambil peluang tersebut dan menciptakan produk parfum berkualitas dengan harga terjangkau.

“Dalam menghasilkan produk SAFF & Co., kami bekerja sama dengan berbagai perkebunan lokal untuk bahan-bahan produk, seperti akar wangi dari Garut dan patchouli dari Sulawesi,” jelas Co-Founder SAFF & Co. Santi Tan.

Sejak awal berdiri, kata Santi Tan, pihaknya sudah bergabung dengan Tokopedia karena audiens yang disasar cocok dengan SAFF & Co.

"Berkat Tokopedia dan ShopTokopedia dalam aplikasi TikTok, SAFF & Co. mendapatkan banyak manfaat, mulai dari peningkatan exposure dan penjualan hingga memperluas pasar hingga ke luar Pulau Jawa,” kata Santi.

SAFF & Co. juga rutin mengikuti kampanye yang dihadirkan Tokopedia dan ShopTokopedia, termasuk Promo Guncang dan Beli Lokal, yang terbukti meningkatkan penjualan dibandingkan hari-hari biasa.

“Dengan memanfaatkan fitur live shopping di ShopTokopedia, sales SAFF & Co. bisa melonjak hingga tiga kali lipat,” tambah Santi.

Santi pun mengungkapkan tips bagi UMKM pemula yang sedang mempertimbangkan live shopping.

“Mengingat live shopping semakin digandrungi masyarakat, maka UMKM lokal perlu membuat konsep live shopping yang unik dan menarik sehingga mudah diingat. Misalnya, UMKM makanan bisa adakan live shopping sambil masak di kuali, atau UMKM yang berjualan sambal bisa adakan gimmick live shopping sambil mengulek cabai,” tutup Santi. (mrk/jpnn)


Redaktur : Sutresno Wahyudi
Reporter : Sutresno Wahyudi, Sutresno Wahyudi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler