Penting! 4 Alasan Perusahaan Startup Patut Dilirik Pencari Kerja

Minggu, 21 Februari 2016 – 13:44 WIB
Ilustrasi. Foto: dok jpnn

jpnn.com - JAKARTA - Perusahaan rintisan atau startup rupanya memiliki daya tarik tersendiri bagi para pencari kerja. Meski masih ada pandangan bahwa startup merupakan perusahaan yang belum mapan, namun saat ini mulai banyak dicari para pencari kerja.

Beberapa hal yang menjadi daya tarik startup berdasarkan penilaian Jobplanet, antara lain budaya perusahaan, gaji dan tunjangan, serta jenjang karier yang lebih baik daripada yang ditawarkan korporasi. Selain itu, startup juga memberi ruang yang cukup bagi karyawannya untuk bisa mempertahankan keseimbangan antara pekerjaan dengan kehidupan keluarga.

BACA JUGA: Mantan Co Founder Tokobagus Resmi Gabung Jualo

Chief Product Officer Jobplanet Indonesia, Kemas Antonius mengungkapkan, perkembangan teknologi dan pertumbuhan pasar digital di Indonesia membuka banyak peluang bagi startup.

"Beberapa jenis startup yang diyakini akan berkembang adalah startup yang bergerak dalam bidang e-commerce serta on-demand service yang menghubungkan orang dengan layanan jasa melalui aplikasi, seperti Gojek," katanya melalui keterangan tertulisnya, Sabtu (20/2).

BACA JUGA: Simak Ini! Dua Proyektor Anyar BenQ yang Bakal Manjakan Guru

Berikut ini merupakan hasil analisis daya tarik startup yang dilakukan terhadap 51 startup yang terdaftar di website Jobplanet. Untuk rating tertinggi adalah 5,0 yang mewakili penilaian “sangat puas".

Budaya Perusahaan

BACA JUGA: Teknologi Canggih Intel yang Bikin Lady Gaga Tampil Keren di Grammy Awards

Rating budaya perusahaan startup yang tertinggi diraih oleh Tokopedia, Traveloka, dan Bukalapak.com. Ketiganya sama-sama mendapat rating 4,3. Menyusul di belakang mereka adalah Blibli.com (4,2), OLX Indonesia (4,0), Lazada (3,8), Go-Jek (3,7), Bhinneka.com (3,4), KMK Online (2,7), dan Zalora (2,3).

“Rating 4,0 mewakili penilaian ‘puas’. Dengan begitu, dapat disimpulkan bahwa karyawan ataupun mantan karyawan Tokopedia, Traveloka, Bukalapak.com, Blibli.com, dan OLX Indonesia merasa puas dengan budaya perusahaan tempat mereka bekerja,” tutur Kemas.

Gaji dan Tunjangan

Dari segi gaji dan tunjangan, Blibli.com dan Traveloka mendapatkan rating paling tinggi dari para karyawan dan mantan karyawannya. Kedua startup e-commerce tersebut sama-sama mendapatkan rating gaji dan tunjangan sebesar 4,3.

Menyusul di belakang mereka adalah OLX Indonesia (3,8), Tokopedia (3,7), Gojek (3,6), Bukalapak.com, Zalora, dan Lazada yang sama-sama mendapatkan rating 3,3; diikuti oleh KMK Online (2,6) dan Bhinneka.com (2,5).

Berdasarkan perhitungan Jobplanet, rata-rata tingkat kepuasan karyawan dari seluruh startup yang terdaftar di Jobplanet terhadap gaji mereka adalah sebesar 3,4. Dengan demikian, tingkat kepuasan karyawan Blibli.com, Traveloka, OLX Indonesia, Tokopedia, dan Gojek berada di atas rata-rata.
 
Jenjang Karier

Kesempatan untuk meraih jenjang karier paling besar dimiliki oleh Blibli.com yang mendapatkan rating jenjang karier sebesar 3,8. Di belakangnya menyusul Traveloka (3,7), Tokopedia (3,6), Lazada (3,4).

Kemudian Go-Jek, OLX Indonesia, dan Bukalapak.com yang sama-sama mendapatkan rating 3,3; KMK Online dan Zalora dengan rating masing-masing 2,6; serta Bhinneka.com (2,2).

Rata-rata rating jenjang karier di perusahaan startup secara keseluruhan adalah 3,3. Dengan demikian, Blibli.com, Traveloka, Tokopedia, dan Lazada diakui karyawan memberikan kesempatan yang lebih besar untuk mengembangkan karier mereka.
 
Work-life Balance

Rata-rata rating work-life balance dari seluruh startup yang ada di website Jobplanet adalah sebesar 3,5. Startup yang mendapatkan rating work-life balance tertinggi dan di atas rata-rata adalah Blibli.com dan Bukalapak.com, yakni sama-sama sebesar 4,3.

Menyusul mereka ada Tokopedia (3,9), serta Go-Jek, OLX Indonesia, dan Traveloka yang sama-sama mendapatkan rating 3,8. (JPG/dil/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Smartfren Luncurkan 2 Smartphone, Ini Keunggulannya


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler