Penuh Kejutan, Tim Hoki Putri Indonesia Lolos Babak Final Asia Cup 2022

Senin, 15 Agustus 2022 – 12:24 WIB
Tim hoki outdoor putri Indonesia saat berlaga di Asia Cup 2022. Foto: PP FHI

jpnn.com, JAKARTA - Tim hoki outdoor putri Indonesia berhasil mengikuti tim putra lolos ke ajang Asian Games 2022 yang rencananya akan digelar di Hangzhou, China.

Kepastian tersebut didapat seusai tim hoki putri Indonesia menembus babak final Kejuaraan Hoki Indoor Asia Cup 2022.

BACA JUGA: Timnas Hoki Indoor Putra & Putri Indonesia Ditargetkan Lolos ke Semifinal Kejuaraan Asia 2022

Dalam pertandingan yang digelar di Indoor Stadium Huamark Bangkok, Thailand, Sabtu (13/8/2022), Indonesia lolos ke babak pemungkas seusai mengalahkan Malaysia dengan skor 1-0.

Tim asuhan Muhammad Dhaarma Raj Abdullah itu tampil luar biasa dengan mengubur impian juara Grup B, Malaysia di babak empat besar melalui gol tunggal Desi Ratna Wardani.

BACA JUGA: Sejarah Hoki Indonesia, Lolos Asian Games 2022 via Kualifikasi

Dalam pertandingan tersebut, kiper utama timnas hoki Indonesia Putri Krismonita juga menjadi bintang.

Krismonita tercatat sukses menggagalkan tembakan penalti pemain Malaysia, Nuraini Abdul Rashid.

BACA JUGA: Timnas Hoki Indonesia Jadikan Piala Asia Uji Coba Menuju Asian Games 2023

Dhaarma Raj memberikan apresiasi atas kinerja anak asuhannya.

Nahkoda asal Malaysia itu tidak menyangka tim hoki indoor putri Indonesia tampil gemilang di Asia Cup 2022 hingga lolos babak final.

"Ini prestasi yang sangat luar biasa. Timnas Hoki Indoor Putri Indonesia itu tercatat tidak ada dalam rangking dunia tetapi mampu membuat kejutan dengan menembus babak final Asia Cup 2022. Prestasi yang tidak mudah diraih," kata Pelatih Kepala Timnas Hoki Indonesia, Dhaarma Raj dalam rilis tertulis.

Senada dengan Dhaarma Raj, Sekjen Pengurus Pusat Federasi Hoki Indonesia (PP FHI), Yasser Arafat Suaidy memberikan apresiasi untuk tim hoki putri Indonesia yang telah berjuang semaksimal mungkin di ajang Piala Asia 2022.

Dengan hasil ini, tim putri Indonesia untuk kali pertama berlaga pada babak pemungkas Piala Asia hoki.

"PP FHI mengapresiasi perjuangan keras anak-anak dan pelatih atas prestasi yang telah dicapai. Kini, Timnas Hoki Indoor Putri Indonesia telah mencatat prestasi membanggakan dimana pertama kali dalam sejarah mampu menembus final di Asia Cup sejak hoki berdiri," timpal Sekjen Pengurus Pusat Federasi Hoki Indonesia (PP FHI), Yasser Arafat Suaidy.

Perjalanan Rahma Dwi Aulia dan kawan-kawan untuk melangkah ke semifinal terbilang heroik.

Pada babak penyisihan Grup A, tim hoki indoor putri yang dimanajeri H Syahrir meraih 3 kemenangan dan 1 hasil imbang.

Tercatat skuad Merah Putih mengalahkan Iran dengan skor 3-1, bermain imbang dengan peringkat ke-11 dunia, Kazakhstan 2-2, menang telak atas Pakistan 16-0 dan mengalahkan Chinese Taipei 5-3.

Babak final yang akan dimainkan Senin, (15/8/2022), timnas hoki indoor putri Indonesia akan menghadapi tuan rumah Thailand.

Tim hoki Negeri Gajah Putih lolos ke final seusai mengalahkan juara Grup A, Kazakhstan dengan skor 6-0 di laga semifinal.

Menghadapi Thailand di babak final, Dhaarma Raj berharap anak asuhannya bisa termotivasi untuk meraih gelar juara.

"Saya rasa keberhasilan mengalahkan Malaysia itu akan menambah memotivasi anak-anak untuk bisa memberikan penampilan lebih baik lagi sekaligus meraih gelar juara Asia Cup 2022," ucap Dhaarma Raj, panggilan akrabnya.

Yasser Arafat Suaidy berharap tim hoki putri Indonesia bisa membawa pulang gelar juara.

Gelar juara tersebut bisa menjadi kado manis untuk Indonesia yang akan merayakan hari kemerdekaan ke-77 pada 17 Agustus mendatang.

"Kami berharap anak-anak bisa mempersembahkan kado istimewa buat Kemerdekaan RI ke-77," tambah Yasser Arafat.

Prestasi tim hoki putri Indonesia di ajang Piala Asia Cup 2022 patut diacungi jempol mengingat mereka tidak masuk dalam peringkat dunia. Maklum PP FHI baru menjadi anggota Federasi Hoki Internasional (IHF) pada tahun 2021.

Prestasi langsung masuk babak final di Piala Asia tentu sangat membanggakan terlebih ini kali pertama kali tim hoki indoor Indonesia tampil di ajang Asia Cup. (ppfhi/mcr16/jpnn)


Redaktur : Dedi Yondra
Reporter : Muhammad Naufal

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler