Penumpang Arus Mudik di Pelabuhan Lembar Tahun ini Diprediksi Membeludak

Selasa, 11 April 2023 – 20:51 WIB
GM PT. Pelabuhan Indonesia (Pelindo) Pelabuhan Lembar, Wahyu Agung Pri Hartono saat ditemui di kantornya. Foto: Edi Suryansyah/JPNN.com

jpnn.com, LOMBOK - Penumpang arus mudik di Pelabuhan Lembar, Kabupaten Lombok Barat, NTB diprediksi akan membeludak pada lebaran tahun ini. 

Bagaimana tidak, untuk lebaran tahun ini merupakan hari raya pertama tanpa Pandemi Covid-19. 

BACA JUGA: Sambut Tradisi Mudik 2023, TVS Gelar Service Lebaran 2023

Pihak pengelola pun meperkirakan penumpang akan mulai membanjari pelabuhan mulai pada 3 hari sebelum lebaran (H-3). 

Oleh karena itu, pemudik yang berasal dari pulau Lombok diperkirakan akan mulai pulang kampung sejak tanggal 19 April 2023.

BACA JUGA: Tinjau Arus Mudik, Panglima TNI Ingatkan Kru Kapal Perhatikan Keamanan Penumpang

GM Pelindo Pelabuhan Lembar, Wahyu Agung Pri Hartono mengatakan bahwa, pihaknya saat ini telah menyiapkan sebanyak 17 kapal yang akan mengangkut para pemudik. 

"Kami sudah siapkan sebanyak 17 armada dari 4 jalur penyebrangan," kata Wahyu, pada Selasa (11/4) di Pelabuhan Lembar. 

BACA JUGA: 3 Hal Penting yang Wajib Diperhatikan Jika Mudik Lebaran Menggunakan Mobil Pribadi

Wahyu juga mengatakan bahwa, untuk tahun ini pihaknya memperkirakan akan ada peningkatan sebanyak 8 ribu jumlah penumpang dari lebaran tahun sebelumnya. 

"Kalau mengacu pada estimasi tahun lalu itu sebanyak 32 ribu penumpang. Tetapi tahun ini kami memperkirakan tembus 40 ribu," ucap Wahyu. 

Menurut Wahyu, para pemudik untuk tahun ini akan disediakan armada terbaik yang ada di Pelabuhan Lembar. 

"Jumlah yang 17 itu sudah angka terakhir. Jadi sudah tidak ada penambahan lagi. Karena kami perkirakan itu sudah bisa tercover semua," ujar Wahyu. 

Di sisi lain, Wahyu juga menyebutkan bahwa untuk tahun ini pihaknya sudah menyediakan beberapa fasilitas untuk mengantisipasi kemacetan. 

"Kami sudah menyediakan tempat parkir di dekat Pelabuhan dan bekas pasar segenter untuk mengantisipasi kemacetan," ungkap Wahyu. 

Tidak hanya itu, Wahyu juga menegaskan bahwa pihaknya juga akan menyediakan beberapa pos medis di sekitaran Pelabuhan Lembar. 

"Tetap kami sediakan (pos medis) biasanya itu di dalam 3 titik, dan di luar juga ada yang pakai pos mobil," terang Wahyu. 

Sejatinya, kata Wahyu, pihaknya sudah sangat siap untuk menghadapi mudik lebaran tahun ini. 

"Tidak perlu khawatir, semua fasilitas akan kami siapkan. Seperti kantin, pos medis, dan hiburan juga ada," pungkasnya. (mcr38/jpnn) 


Redaktur : M. Adil Syarif
Reporter : Edi Suryansyah

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler