Penyelenggara Haji dan Umrah Kompak Lawan Travel Nakal

Kamis, 14 Desember 2017 – 14:34 WIB
Jemaah haji. Ilustrasi Foto: Sutan Siregar/dok.JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Ketua Umum Asosiasi Muslim Penyelenggara Haji dan Umrah Republik Indonesia (AMPHURI) Joko Asmoro menyoroti masih banyaknya kasus penelantaran calon jemaah umrah.

Dia pun meminta agar seluruh Dewan Pimpinan Daerah (DPD) AMPHURI untuk proaktif memberikan edukasi kepada anggota (travel) agar memaksimalkan layanan kepada calon jemaah umrah.

BACA JUGA: Fadli Zon Ikuti Sepak Terjang AM Fatwa Sejak Kelas 6 SD

"Harus diingat baik-baik, banyak calon jemaah umrah yang dengan susah payah mengumpulkan uang untuk melihat tanah suci. Jangan sampai usahanya itu dipatahkan dengan sikap travel yang malah menelantarkan jemaah," kata Joko dalam siaran persnya yang diterima JPNN, Kamis (14/4).

Dia menambahkan, tidak akan segan bersikap tegas kepada travel anggota AMPHURI yang lalai menjalankan tugasnya. Menurut Joko, travel tidak hanya berorientasi pada bisnis tapi juga ibadah.

BACA JUGA: Sandiaga: AM Fatwa Panutan, Idola, dan Mentor Saya

"Saya selalu memintakan kepada ketua DPD untuk terus mengingatkan anggotanya agar tetap mengedepankan layanan kepada calon jemaah umrah. Semua harus kompak melawan travel nakal," tuturnya.

Sementara Ketua DPD AMPHURI Jakarta-Banten Mohammad Isnaeni Iskandar mengungkapkan, pihaknya akan bekerja sama dengan Kanwil Kemenag untuk mengedukasi masyarakat terkait travel nakal.

BACA JUGA: Pak Fatwa Sangat Berani, Menentang Orba sampai Dibui

Dia mengakui, untuk menghapus dan menghilangkan adanya kasus penipuan travel umrah memang masih sulit.

“Tetapi paling tidak, dengan edukasi kepada masyarakat, mereka jadi lebih waspada dan bisa meningkatkan pengetahuan mereka terkait travel yang pasti. Sosialisasi lima pasti umrah dari Kemenag perlu digalakkan,” tandasnya

Sementara untuk meningkatkan layanan kepada jemaah umrah pihaknya bekerja sama dengan Pemprov DKI Jakarta melalui Program Oke Oce Umrah bersama Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Salahudin Uno.

"Program Oke Oce Umrah ini akan diselenggarakan melalui koperasi AMPHURI bekerja sama dengan Oke Oce yang digagas Pemprov DKI Jakarta, " jelas Isnaini.

Selain meningkatkan kualitas layanan, Isnaini menyatakan fokus menggunakan layanan e-commerce, yaitu aplikasi yang akan digunakan untuk menjual produk bagi travel haji dan umrah anggota AMPHURI.

Hal ini dikarenakan tren generasi muda lebih senang berbelanja secara online. Apalagi banyak aplikasi luar negeri yang hampir menguasai pasar Indonesia.

"Selain memang bertujuan untuk paperless, kami berharap, anak negeri bisa menguasai pasar e-commerce di Indonesia, sehingga bisa mengurangi serbuan e -commerce asing, " pungkas Isnaini yang juga anggota Kadin ini. (esy/jpnn)

 

BACA ARTIKEL LAINNYA... Sakit Lever Stadium 4, AM Fatwa Tak Pernah Sesambat


Redaktur & Reporter : Mesya Mohamad

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler