Penyelenggaraan Ibadah Haji 2013 Dinilai Memuaskan

Kamis, 30 Januari 2014 – 06:41 WIB

jpnn.com - JAKARTA - Penyelenggaraan Haji tahun 2013 dinilai memuaskan oleh Badan Pusat Statistik (BPS) melalui survey yang telah dilakukan terhadap 12.800 responden. Dari data yang diperoleh, diketahui indeks kepuasan jamaah haji tahun 2013 naik sebesar 82,69 persen dari 81, 32 persen dari tahun 2012.

"Secara keseluruhan, kepuasan jamaah haji naik sebesar 1,37 persen dari tahun sebelumnya. Dengan demikian, penyelenggaraan haji tahun 2013 lalu dinilai memuaskan," tutur Kepala BPS, Suryamin kemarin.

BACA JUGA: Hatta Rajasa Menyapa Penderes Gula Semut

Kendati secara keseluruhan memuaskan, namun ada beberapa hal yang perlu dilingkari. Menurut Suryamin, ada beberapa penilaian yang justru menurun. Seperti pelayanan petugas kloter, pelayanan ibadah serta beberapa pelayanan kecil lainnya. 

Suryamin menuturkan, kurangnya koordinasi para ketua rombongan dan ketua regu sangat dikeluhkan oleh responden. Hal itu membuat para jamaah kadang merasa bingung dan permasalahan yang mereka hadapi kurang memperoleh respon yang cepat. 

BACA JUGA: Kejagung Gelandang Mantan Pejabat Kemenag ke Rutan Cipinang

Sementara mengenai pelayanan ibadaha haji, para jamaah menyesalkan kurangnya petugas pembimbing ibadah haji di lokasi-lokasi renovasi di Masjidil Haram. 

Selain dua permasalahan tersebut, BPS juga memberikan tanda merah bagi pelayanan kesehatan yang dilakukan oleh panitia penyelenggara haji. Sulitnya mendapat pelayanan kesehatan dan kurangnya keramahan serta rasa empati petugas kesehatan menjadi alasan utama kepuasan pelayanan kesehatan menurun dari 2012.(mia)

BACA JUGA: Sakit Gigi, Wawan Tolak Pakai Rompi Tahanan

BACA ARTIKEL LAINNYA... Meski Minim Dukungan, Dino Tetap Punya Kans


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler