POLISI perairan yang diterjunkan mencari sebuah perahu yang diduga mengangkut pendatang gelap di lepas pantai Dampier memastikan perahu tersebut tidak akan mencapai daratan Australia Barat.

Sebelumnya dilaporkan bahwa sebuah perahu yang diduga mengangkut pendatang gelap dari Vietnam dideteksi berhasil memasuki wilayah perairan Australia Barat, sekitar 70 km dari garis pantai.

BACA JUGA: Australia - China Sepakati Protokol Baru Ekspor Sapi

Polisi yang diterjunkan mencegat perahu tersebut telah kembali ke pangkalan pada Senin (20/7/2015) tengah malam, namun menolak menjelaskan bagaimana kondisi perahu tersebut.

Menurut informasi yang diperoleh ABC, selain polisi perairan juga turut diterjunkan sebuah kapal patroli Angkatan Laut.

BACA JUGA: Qantas Cegah Penerbitan Buku Mengenai Kemelut Perusahaan

Seorang polisi yang enggan disebutkan namanya mengatakan perahu itu tidak akan berlabuh di daratan Australia. Polisi juga, katanya, sudah tidak akan terlibat lebih jauh dalam penanganan pendatang gelap tersebut.

Sementara itu juru bicara Partai Hijau urusan Imigrasi Senator Sarah Hanson-Young mendesak pemerintah untuk terbuka mengenai masalah ini.

BACA JUGA: Inilah Enam Binatang yang Terancam Punah di Asia - Pasifik

"Sama sekali tidak berdasar bagi Menteri Imigrasi untuk menyembunyikan masalah ini untuk rakyat dan parlemen," katanya.

Namun Menteri Utama Negara Bagian Australia Barat Colin Barnett membela langkah pemerintah PM Tony Abbott dalam mencegat dan menghentikan kedatangan perahu pendatang gelap.

"Pemerintahan Abbott telah bekerja keras dan berhasil menghentikan kedatangan perahu ke Australia," katanya.(admin)

 

BACA ARTIKEL LAINNYA... Perahu Pendatang Gelap Terdeteksi Masuki Australia Barat

Berita Terkait