Perbaikan Jalan Nasional di Halmahera Tengah Terus Berlanjut

Jumat, 30 Agustus 2024 – 14:54 WIB
Perbaikan jalan nasional di Halmahera Tengah terus berlanjut. Foto: Weda Bay Project

jpnn.com, HALMAHERA TENGAH - Weda Bay Project berkomitmen mendukung pembangunan infrastruktur umum di Kabupaten Halmahera Tengah, Maluku Utara, terus berlanjut.

Saat ini PT Indonesia Weda Bay Industrial Park (IWIP) dan PT Weda Bay Nickel (WBN) sedang melakukan perbaikan jalan nasional di Desa Lukulamo.

BACA JUGA: Tim IWIP Terjun Langsung Bantu Warga Terdampak Banjir di Halteng

Pengerjaan jalan tersebut adalah bukti sinergi dan semangat kerja sama antara perusahaan dengan Pemkab Halteng demi mewujudkan infrastruktur yang memadai.

Pengerjaan jalan tersebut adalah satu dari sejumlah komitmen Weda Bay Project dan Pemkab Halteng dalam penanganan pascabanjir dan pembangunan i nfrastruktur umum di Weda Tengah dan Weda Utara.

BACA JUGA: Prajurit TNI Kodim 1512/Weda Mengevakusi Warga Terdampak Banjir di Halteng

Berdasarkan laporan perencanaan, ruas jalan nasional di Desa Lukulamo yang diperbaiki sepanjang 421 meter. Perbaikan itu sekaligus dengan pelebaran dan pembetonan.

Weda Bay Project juga membangun saluran pembuangan di kedua sisi jalan dengan total panjang 842 meter. Desa Lokulamo merupakan desa terdampak banjir yang menyebabkan kerusakan besar pada jalan nasional.

BACA JUGA: Sejumlah Desa di Halmahera Tengah Terima Bantuan Pascabanjir

Proyek juga bertujuan untuk meningkatkan kelancaran distribusi barang dan jasa, serta mempermudah mobilitas masyarakat. Kondisi jalan tersebut sejak lama dikeluhkan pengendara maupun masyarakat yang berada di wilayah tersebut.

Kondisi jalan yang berlubang dan tidak adanya saluran pembuangan (drainase) yang layak membuat jalan tersebut selalu tergenang air setiap kali musim penghujan.

Manajer Hubungan Eksternal IWIP Katamsi Ginano mengatakan, pengerjaan tersebut direncanakan rampung pada pertengahan September.

“Kami memahami kesulitan yang dialami masyarakat di sekitar Weda Bay Project, sehingga pengerjaan ini menjadi salah satu prioritas perusahaan," kata Katamsi, dalam keterangannya, Jumat 30/8).

Perbaikan jalan nasional tersebut juga dikoordinasikan dengan Balai Jalan Nasional Provinsi Maluku Utara. Selanjutnya, perusahaan juga terlibat dalam proyek-proyek lainnya seperti, perbaikan jalan, saluran air, dan jembatan sepanjang ruas Desa Lukulamo sampai dengan Desa Lelilef Sawai.

Kemudian, pembangunan bund wall di ruas jalan Tabalik, dan pembangunan Water Intake dan Water Treatment Plant (WTP) yang akan melayani kebutuhan air bersih mulai dari Weda hingga Weda Utara. (jlo/jpnn)


Redaktur & Reporter : Djainab Natalia Saroh

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler