Perbaikan Jalur Pantura Selesai H-10 Lebaran

Rabu, 03 Juli 2013 – 05:29 WIB
JAKARTA - Kementerian Pekerjaan Umum (PU) berjanji akan menyelesaikan proyek pembenahan jalur pantai utara Jawa (pantura) maksimal sepuluh hari menjelang lebaran. Dengan demikian, jalur utama transportasi darat di Jawa itu dalam kondisi mantap ketika digunakan sebagai jalur mudik.

Selain pantura, PU kini juga tengah mempercepat perbaikan jalan nasional di Sumatera, Bali, dan Sulawesi. "Seluruh ruas jalan nasional kini tengah diperbaiki. Namun beban pekerjaan terbesar memang di pantura karena menjadi urat nadi ekonomi nasional," terang Dirjen Bina Marga Kementerian PU Djoko Murjanto di kantornya, Selasa (2/7).

Saat ini, sedikitnya ada 12 proyek perbaikan jalan ruas pantura yang tengah diperbaiki. Proyek yang tengah dikerjakan adalah jalur Tangerang-Serang-Merak (Banten).

Di Jawa Barat meliputi jalur Ciasem-Pamanukan, Pamanukan-Lohbener, Lohbener-Palimanan, Lohbener-Indramayu-Cirebon, dan Jalan Yos Sudarso di Cirebon.
Djoko Murjanto juga menjanjikan proyek perbaikan jembatan juga akan selesai pada H-10, termasuk pembongkaran jembatan Cidongkol yang selama beberapa bulan terakhir menyebabkan kemacetan di sekitar Cirebon.

Tahun ini ada sepuluh jembatan yang dibongkar diganti beton dan dilakukan penggantian pelat baja, namun terbagi dalam tiga paket pekerjaan, yakni paket Jembatan Kalimenir, Jembatan Cimanuk, dan Jembatan Kebarepan.

Saat ini ruas pantura Jawa dilalui 40 ribu kendaraan per hari. Padahal, kapasitas normalnya hanya 25 ribu kendaraan per hari. Selain itu, kendaraan yang melintasi pantura didominasi kendaraan pengangkut bertonase besar.

Karena itu, jalur yang menghubungkan Banten hingga Banyuwangi itu lebih cepat rusak dibanding jalan nasional lainnya. Selain pantura, jalus jalan nasional yang menjadi konsentrasi PU adalah jalan lintas selatan dan jalan lintas tengah Jawa.

Totalnya, jalur yang menjadi perhatian PU di Jawa sepanjang 3.508 kilometer, diluar 668 kilometer jalan tol, dan 2.230 kilometer jalan alternatif. Untuk perbaikan dan perawatan jalan di kawasan pantura, tahun ini PU memperoleh anggaran Rp 1,2 triliun, atau naik Rp 100 miliar dibanding 2012. "Anggaran perbaikan jalan nasional tahun ini Rp 30 triliun," terang Djoko.

Selain perbaikan di ruas jalan nasional, perbaikan kondisi jalan tol juga dilakukan operator jalan tol. Kepala Badan Pengatur Jalan Tol Achmad Gani Ghazali mengatakan, perbaikan jembatan di tol Palimanan-Kanci di Cirebon juga ditarget selesai pada H-10. Perbaikan jembatan dilakukan untuk memprediksi lonjakan kendaraan dari kondisi normal 10 ribu kendaraan per hari menjadi 30-40 ribu kendaraan per hari. (dod)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Dahlan Iskan Minta Bandara Kualanamu Diresmikan Usai Lebaran

Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler