Performa Menurun, Zacha/Bela Diparkir PBSI

Kamis, 01 Juni 2023 – 04:48 WIB
Ganda campuran Zachariah Josiahno Sumanti/Hediana Julimarbela. Foto: Humas PP PBSI

jpnn.com - Ganda campuran Zachariah Josiahno Sumanti/Hediana Julimarbela tengah mendapat sorotan seusai performanya menurun pada beberapa turnamen terakhir.

Terkini di Thailand Open 2023, pasangan ranking 29 dunia itu kembali tersisih di babak pertama saat berhadapan dengan wakil Jepang, Hiroki Midorikawa/Natsu Saito 

BACA JUGA: Catatan Penting PBSI Seusai Malaysia Masters 2023, Puji 2 Pemain Ini

Berlaga di Indoor Stadium Huamark, Bangkok, Rabu (31/5/2023), Zacha/Bela kalah dari wakil Negeri Matahari Terbit dengan skor 19-21, 12-21.

Kekalahan ini membuat juara Italian International 2022 itu semakin mendapat sorotan tajam mengingat sejak Swiss Open 2023 tersisih pada babak pertama.

BACA JUGA: Ginting cs Melempem di Malaysia Masters 2023, PBSI Beri Catatan Khusus

Bahkan pada ajang SEA Games 2023, permainan Zacha/Bela tidak begitu maksimal seusai angkat koper sejak babak 16 besar.

Melihat performa yang ditunjukkan Zacha/Bela membuat pelatih sektor ganda campuran Indonesia, Amon Sunaryo angkat bicara.

BACA JUGA: SEA Games 2023: Soal Kamar Atlet Bocor, PBSI Buka Suara

Menurut Amon pasangan Zacha/Bela sejatinya bisa bersaing di level Super Series mengingat pada tingkat International pernah menjadi juara.

Sayang saat berhadapan dengan lawan-lawan kelas atas penampilan keduanya cenderung tidak terlihat sehingga harus menelan hasil buruk di beberapa turnamen.

"Pasangan Zacha/Bela sebenarnya ganda campuran yang bagus dengan pernah juara International Challenge." 

"Sayang ketika naik ke level atas, bertemu dengan lawan-lawan di sini, mereka belum bisa mengembangkan permainan," ungkap Amon dalam rilis tertulis.

Deretan hasil buruk yang menimpa Zacha/Bela membuat keduanya akan istirahat seusai tampil di turnamen Indonesia Open 2023.

Diharapkan dengan adanya hal tersebut bisa menjadi introspeksi keduanya untuk menatap turnamen ke depannya lebih baik.

"Setelah pada beberapa turnamen tidak bagus hasilnya, Zacha/Bela akan istirahat seusai Indonesia Open 2023."

"Saya harap mereka evaluasi dan introspeksi diri supaya kepercayaan dirinya bisa pulih dan bisa kembali bertanding," tambah Amon.

Pasangan Zachariah Josiahno Sumanti/Hediana Julimarbela tercatat mulai dipasangkan pada turnamen Malaysia International Series 2019.

Tercatat selain menjadi jawara pada Italia International 2022, Zacha/Bela pernah merasakan naik podium tertinggi pada Indonesia International Challenge 2019.

Sayang performa keduanya di tahun 2023 tidak begitu mentereng mengingat masih menjalani pemulihan cedera.(pbsi/mcr16/jpnn)


Redaktur : M. Adil Syarif
Reporter : Muhammad Naufal

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler