Peringatan BMKG, Waspada Gelombang Laut Mencapai 4 Meter

Minggu, 05 September 2021 – 07:05 WIB
Arsip - Sejumlah pengunjung pantai wisata domestik nekat memaksakan diri mandi ditengah gelombang tinggi di perairan pantai Ujong Blang Lhokseumawe, Provinsi Aceh. Minggu (11/9). (FOTO ANTARA/Rahmad/ss/pd/11)

jpnn.com, BANDA ACEH - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) meminta masyarakat Provinsi Aceh mewaspadai ketinggian gelombang laut mencapai 4 meter di wilayah ujung barat Indonesia itu dalam beberapa hari ke depan.

Koordinator Seksi Data dan Informasi BMKG Stasiun Meteorologi Kelas I Sultan Iskandar Muda Aceh Besar Zakaria Ahmad mengatakan peringatan itu dikeluarkan untuk perkiraan tinggi gelombang laut mulai 4-6 September mendatang.

BACA JUGA: Peringatan Dini BMKG, Sejumlah Wilayah Diminta Waspada

"Waspada potensi gelombang tinggi di wilayah perairan barat Aceh dan perairan Samudera Hindia Barat Aceh, yang dapat mencapai 4 meter," kata Zakaria di Banda Aceh, Sabtu (4/9) malam.

BMKG juga meminta masyarakat waspada terhadap potensi gelombang laut dengan ketinggian mulai 1,25 meter hingga 2,5 meter di Selat Malaka bagian utara, perairan utara Sabang, perairan penyeberangan Banda Aceh - Sabang dan perairan Lhokseumawe.

BACA JUGA: Gelombang Tinggi BKMG Imbau Nelayan Banten Selatan Tak Melaut

Kemudian, perairan penyeberangan kapal menuju Kabupaten Simeulue dari Kabupaten Aceh Barat atau Kepulauan Sinabang - Meulaboh. 

Sementara perairan barat Aceh dan perairan Samudera Hindia Barat Aceh tinggi gelombang mulai 2,5 meter hingga 4 meter.

BACA JUGA: Peringatan Dini BMKG, Jakarta, Depok, Bogor, dan Tangerang Harus Waspada Malam Ini

Untuk klasifikasi tinggi gelombang laut 1,25 meter hingga 2,5 meter masih kategori sedang, sedangkan ketinggian mulai 2,5 hingga 4 meter sudah kategori tinggi.

Oleh sebab itu, Zakaria mengimbau warga meningkatkan kewaspadaan ketika melaut dalam kondisi cuaca tersebut.

“Kami mengimbau nelayan perlu mewaspadai tinggi gelombang saat melaut, lebih berhati-hati. Kemudian, juga kami imbau aktivitas penyeberangan Banda aceh - Sabang dan juga Aceh Barat - Simeulue," kata Zakaria.

Sementara, kata Zakari, untuk prakiraan cuaca, secara umum di wilayah Serambi Mekkah itu cerah hingga cerah berawan. 

Namun, lanjut dia, ada beberapa daerah masih berpotensi terjadi hujan ringan hingga sedang.

Seperti Aceh Tenggara, Bener Meriah, Gayo Lues, Aceh Tengah, Aceh Selatan, Subulussalam, Aceh Singkil, Lhokseumawe, Bireuen, sebagian di pegunungan Pidie, sebagian Aceh Besar seperti Jantho, Lembah Seulawah, Cot Glie. “Kami juga mengingatkan warga terhadap potensi hidrometeorologi di Aceh, katanya. (antara/jpnn) 

Kamu Sudah Menonton Video Terbaru Berikut ini?


Redaktur & Reporter : Boy

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler