Peringatan Dini BMKG: Waspada Hujan, Angin Kencang, hingga Banjir

Jumat, 20 Agustus 2021 – 08:17 WIB
BMKG keluarkan peringatan dini hujan, angin kencang, hingga banjir. Ilustrasi: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengeluarkan peringatan dini hujan, angin kencang, hingga waspada banjir di sejumlah Wilayah di Indonesia.

Berdasarkan laman resmi BMKG.go.id, diperkirakan hujan lebat disertai angin kencang dan kilat meliputi sebagian besar wilayah Indonesia pada Jumat (20/8).

BACA JUGA: Puluhan Mobil Terseret Banjir Bandang, Ada 70 Orang Tewas

Wilayah itu antara lain Provinsi Aceh, Sumatera Barat, Riau, Bengkulu, Sumatera Selatan, Kepulauan Bangka Belitung, Lampung, dan Jawa Barat.

"Wilayah Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Utara, Kalimantan Timur, Sulawesi Utara, Gorontalo, Sulawesi Tengah, Sulawesi Barat, Sulawesi Tenggara, Maluku Utara, Maluku, Papua Barat, dan Papua," tulis BMKG.

BACA JUGA: Peringatan BMKG soal Cuaca di Jabodetabek Hari Ini, Warga Harus Tahu

BMKG menyebutkan hujan dengan intensitas yang lebih ringan diprakirakan turun di wilayah Sumatera Utara, Kepulauan Riau, Jambi, Banten, DKI Jakarta, Jawa Timur, Nusa Tenggara Barat, Kalimantan Selatan, dan Sulawesi Selatan.

Selain itu, sejumlah wilayah harus mewaspadai potensi banjir, termasuk di antaranya Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Riau, Bengkulu, Sumatera Selatan, Kepulauan Bangka Belitung, dan Jawa Barat.

BACA JUGA: BMKG Sebut Ada Anomali Suhu Permukaan Laut, Begini Dampaknya...

Kemudian Kalimantan Utara, Kalimantan Barat, Kalimantan Timur, Kalimantan Tengah, Sulawesi Utara, Gorontalo, Sulawesi Tengah, Sulawesi Barat, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara.

"Maluku, Papua, dan Papua Barat statusnya juga waspada banjir," tulis BMKG.

Di samping itu, BMKG menyampaikan peringatan dini mengenai potensi angin kencang di wilayah Nusa Tenggara Timur (NTT).

Munculnya daerah konvergensi, daerah pertemuan dan perlambatan kecepatan angin, meningkatkan potensi pertumbuhan awan hujan di sejumlah wilayah Indonesia.

Menurut BMKG, daerah konvergensi terpantau memanjang dari Sumatera Utara hingga Selat Malaka, dari Jawa Barat bagian selatan sampai pesisir barat Lampung.

Berlanjut pada Kalimantan Barat bagian selatan sampai Kalimantan Barat bagian utara, dari Kalimantan Timur hingga Kalimantan Utara.

"Angin kencang juga melanda Dari Sulawesi Tenggara bagian utara hingga Sulawesi bagian tengah, dari Papua Barat sampai Maluku Utara, dan di Papua," ujar BMKG.

Video Terpopuler Hari ini:


Redaktur & Reporter : Elvi Robia

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Tag

Terpopuler