Peringatan Hari Asyura, LKAB Bicara Soal Keimanan Hingga Perjuangan Palestina

Jumat, 19 Juli 2024 – 18:10 WIB
Lembaga Komunikasi Ahlul Bait (LKAB) mengadakan peringatan Hari Asyura di Bekasi, Jawa Barat, Rabu (17/7). Foto: Dok. LKAB

jpnn.com, BEKASI - Lembaga Komunikasi Ahlul Bait (LKAB) mengadakan peringatan Hari Asyura atau haul cucu Rasulullah SAW Imam Husain bin Ali bin Abi Thalib AS di Bekasi, Jawa Barat, Rabu (17/7).

Acara tersebut dihadiri oleh sekitar 3.000 jemaah yang datang dari wilayah Jabodetabek.

BACA JUGA: Film Gaza Hayya 3 Bakal Donasikan 40% Keuntungan Penjualan Tiket ke Palestina

Peringatan Hari Asyura kali ini bertema Asyura Imam Husain: Sumber Spirit Kemerdekaan RI dan Perjuangan Palestina Melawan Kezaliman Zionis.

Adapun peringatan Asyura merupakan acara keagamaan yang menjadi bagian penting dari sejarah Islam.

BACA JUGA: Israel Kembali Serang Gaza, 10 Warga Palestina Tewas di Masjid

Acara itu bertujuan menghubungkan keimanan dan kecintaan umat terhadap Nabi Muhammad SAW dan keluarganya yang memberikan pendidikan, pengajaran, bimbingan, dan tuntunan bagi umat manusia.

"Peringatan Asyura mengingatkan kita pada pengorbanan dan perjuangan Imam Husain dan keluarganya untuk menegakkan kebenaran dan keadilan," kata Ketua Steering Committee Ustadz Ahmad Hidayat dalam keterangan resmi, Kamis (18/7).

BACA JUGA: Fadli Zon & Jazuli Juwaini Didaulat jadi Penasihat Forum Parlemen Asia Tenggara untuk Kemerdekaan Palestina

"Ini adalah momentum bagi kita untuk merenungkan nilai perjuangan dan pengorbanan dalam menjalankan agama Islam," sambungnya.

Menurutnya, 10 Muharram merupakan momen penting dalam sejarah Islam karena pada hari itu cucu Nabi Muhammad SAW, Imam Husain bin Ali bin Abi Thalib, putra dari Fatimah Az-Zahra, dibantai di Karbala oleh orang-orang zalim.

Peristiwa tersebut dikenang umat muslim sebagai pengingat atas pengorbanan serta perjuangan dalam mengemban risalah dakwah Islam.

Peringatan Asyura sekaligus bertujuan mengingatkan umat muslim atas pentingnya pengorbanan dan perjuangan dalam menjalankan agama.

Tema kali ini dipilih untuk menjawab tantangan yang dihadapi umat beragama di seluruh dunia, termasuk Indonesia.

"Selain itu, tema ini juga relevan dengan perjuangan rakyat Palestina yang terus melawan kezaliman zionis. Islam mengajarkan penolakan terhadap penjajahan, intimidasi, dan pembantaian," tambahnya.

Peringatan Asyura kali ini juga diramaikan dengan berbagai acara seperti santunan anak yatim, pembacaan tahlil, dan ceramah hikmah Asyura oleh Ustaz Muhammad bin Alwi.

Kegiatan selanjutnya yakni pemeriksaan kesehatan gratis bagi peserta dan booth Barisan Aliansi Resistensi Al-Aqsha (Baraq) yang menampilkan berbagai pernak-pernik perjuangan rakyat Palestina. 

(ded/jpnn)


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler