Peringatan Terbaru BMKG terkait Potensi Hujan Kilat, Angin Kencang, hingga Banjir

Minggu, 10 Oktober 2021 – 08:02 WIB
BMKG minta warga waspadai cuaca buruk. Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Masyarakat di sejumlah wilayah Indonesia diimbau waspada terkait potensi cuaca buruk pada hari ini, Minggu (10/10).

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprakirakan hujan lebat disertai kilat dan angin kencang terjadi pada hari ini.

BACA JUGA: Mas Nadiem Tulis Surat Terbuka untuk Guru Honorer di Lombok, Isinya Bikin Mewek

Wilayah yang diprakirakan mengalami cuaca buruk tersebut seperti Provinsi Bengkulu, Jambi, Riau, Sumatera Barat, Sumatera Selatan, Banten, DKI Jakarta, dan Jawa Barat.

Kondisi serupa juga berpotensi terjadi di Kalimantan Barat, Kalimantan Selatan, Kalimantan Tengah, Kalimantan Timur, Kalimantan Utara, Sulawesi Tengah, Maluku, Nusa Tenggara Timur, Papua, Papua Barat.

BACA JUGA: Peringatan Dini BMKG untuk Warga Bogor, Depok, dan Tangerang Malam Ini, Waspada

Sirkulasi siklonik terpantau di perairan barat Sumatera Utara yang membentuk daerah pertemuan dan perlambatan kecepatan angin (konvergensi) yang memanjang dari Bengkulu hingga Kepulauan Mentawai.

Sirkulasi siklonik lainnya juga terpantau di Laut Banda sebelah barat Papua yang membentuk daerah konvergensi di perairan utara Kepulauan Aru.

BACA JUGA: Instagram Pemkot Dijebol, Gibran Perintahkan Anak Buahnya Lakukan Ini

Daerah konvergensi lainnya terpantau di Pulau Nias hingga Selat Malaka bagian tengah, dari Sulawesi Tenggara hingga Teluk Tomini, di Papua Barat dan di sepanjang Papua bagian tengah.

"Kondisi ini dapat meningkatkan potensi pertumbuhan awan hujan di

sekitar wilayah sirkulasi siklonik dan di daerah konvergensi tersebut," sebut BMKG.

Di samping itu, BMKG juga mengeluarkan peringatan dini potensi banjir di beberapa wilayah, yakni Sumatera Barat, Bengkulu, Sumatera Selatan, Sulawesi Tengah dan Papua. (antara/jpnn)

Jangan Sampai Ketinggalan Video Pilihan Redaksi ini:

BACA ARTIKEL LAINNYA... Prakiraan Cuaca BMKG Hari Ini di Jabodebek, Harap Disimak


Redaktur & Reporter : Rasyid Ridha

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler