Peringati Bulan K3 2024, PDC Gelar Pelatihan Hadapi Bencana Kebakaran dan Gempa Bumi

Senin, 05 Februari 2024 – 21:55 WIB
PT Patra Drilling Contractor (PDC) bekerja sama dengan Sudin Gulkarmat Pos Pemadam Kebakaran Ciganjur, Jakarta Selatan menyelenggarakan pelatihan pemadaman api ringan dan menghadapi bencana gempa bumi. Foto: Dokumentasi Humas Pertamina

jpnn.com, JAKARTA SELATAN - PT Patra Drilling Contractor (PDC) bekerja sama dengan Suku Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (Sudin Gulkarmat) Pos Pemadam Kebakaran Ciganjur, Jakarta Selatan menyelenggarakan pelatihan pemadaman api ringan dan menghadapi bencana gempa bumi.

Pelatihan dilaksanakan dalam rangka memperingati Bulan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) 2024.

BACA JUGA: Soal Harga BBM Pertamina Tak Naik, Erick Thohir: Inilah Peran BUMN untuk Masyarakat

Sasaran pelatihan adalah Tim Penanggungulangan Keadaan Darurat Head Office PDC.

Manager HSSE PDC Bagus Widihartono menyampaikan tujuan pelatihan ini untuk memberikan edukasi dan pengetahuan seputar hal-hal yang berkaitan dengan bencana, baik gempa bumi dan kebakaran.

BACA JUGA: Dukung Bebas Emisi, Pertamina Patra Niaga Fasilitasi Pembelian Kredit Karbon

Melalui pelatihan tersebut, peserta diajarkan bagaimana mengatasi bencana tersebut sehingga potensi terjadinya korban dapat diminimalisir.

"Hal ini juga bertujuan untuk menciptakan lingkungan kerja yang aman di lingkungan head office PDC," kata Bagus Widihartono dalam keterangannya yang diterima, Senin (5/2).

BACA JUGA: Wiko Migantoro jadi Wakil Direktur Utama, Berikut Susunan Terbaru Direksi Pertamina

Kepala Regu Grup A Sudin Gulkarmat Pos Rasuna Kuningan Jakarta Selatan Triadi Setyo menambahkan pelatihan yang diajarkan, meliputi pemadaman api dan bagaimana menghadapi gempa bumi.

"Peserta sangat antusias mengikuti setiap tahapan mulai dari teori hingga praktik," ungkap Triadi.

Dia berharap ke depan pelatihan seperti ini makin giat dilakukan agar meminimalisir terjadinya kebakaran dan korban akibat bencana gempa bumi di lingkungan kerja.

"Materi yang disampaikan adalah bagaimana menghadapi bencana gempa bumi di lingkungan kantor yang berada di gedung tinggi," terangnya.

Sementara itu, lanjut Triadi, untuk penanggulangan kebakaran dipaparkan penjelasan secara teori dan praktik di markas Pos Pemadam Kebakaran Ciganjur, Jakarta Selatan.

"Mulai dari bagaimana terbentuknya api, jenis-jenis kebakaran, jenis-jenis peralatan penanggulangan kebakaran, serta yang paling penting adalah upaya yang perlu dilakukan untuk mencegah terjadinya kebakaran," jelas Triadi.

Pelatihan ini tidak hanya sebatas pemaparan materi seputar pencegahan dan penanggulangan kebakaran, namun juga memberikan kesempatan bagi Tim Pemadam Pertamina PDC mencoba mempraktikan langsung untuk memadamkan api dalam skala kecil.

Praktik diisi dengan penggunaan peralatan pemadaman tradisional seperti dengan menggunakan karung goni dengan air.

Selain itu, juga menggunakan peralatan pemadaman yang lebih modern, seperti alat pemadam api ringan (APAR).

Antusiasme terlihat dari peserta pelatihan yang secara bergantian mempraktikan apa yang sudah dipelajari sebelumnya seputar pencegahan dan pemadaman kebakaran.

”Pertamina PDC melakukan kerja sama dengan Sudin Gulkarmat setempat untuk turut membantu dalam pelaksanaan kegiatan pelatihan ini," imbuh Ketua Panitia Bulan K3 Pertamina PDC Firdaus Juanda. (mrk/jpnn)


Redaktur : Sutresno Wahyudi
Reporter : Sutresno Wahyudi, Sutresno Wahyudi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler