Perketat Izin Perubahan Fungsi Rumah Tinggal

Senin, 31 Desember 2012 – 04:27 WIB
BOGOR - Perizinan di kota ini nampaknya memang perlu dibenahi. Tak hanya izin mendirikan bangunan (IMB). Rumah tinggal yang beralih fungsi menjadi tempat usaha, tanpa dilengkapi fasilitas pendukung seperti pengolahan limbah maupun tempat parkir, juga marak terjadi.

Atas dasar itulah, Badan Pelayanan Perizinan Terpadu (BPPT) akan memperketat pengurusan izin usaha, bagi rumah tinggal yang menjadi tempat usaha. Hal ini dimaksudkan untuk menjaga agar fungsi rumah tinggal tetap menjadi hunian bagi keluarga.

Sekretaris BPPT Kota Bogor, Deni Sediawan mengatakan, tahun depan pihaknya akan membatasi pengurusan izin usaha yang dilakukan di rumah tinggal. Pasalnya, akan mengganggu tetangga sekitar. “Jarak antarrumah tidak boleh berdekatan. Selain itu harus memiliki lahan parkir luas agar tidak mengganggu ketertiban di sekitar tempat usaha,” ujarnya seperti dilansir RADAR BOGOR (JPNN Group), Senin (31/12).

Maka itu, langkah yang akan dilakukan adalah melakukan koordinasi dengan beberapa jajaran seperti Dinas Wasbangkim, Satpol PP serta Bappeda Kota Bogor untuk mengantisipasi maraknya peralihan rumah tinggal menjadi tempat usaha. “Ada beberapa tempat usaha di kawasan Taman Kencana diduga menyalahi izin peruntukan, lantaran mendirikan tempat usaha di perumahan," bebernya.

Dijelaskan Deni, saat ini pihaknya berupaya untuk membatasi perubahan fungsi rumah tinggal, dengan meneliti dulu apakah persyaratannya telah lengkap atau belum. Seperti izin gangguan maupun izin pengelolaan limbah.

Selain itu, tambah mantan kepala Kesbangpol ini, BPPT juga tidak akan memperpanjang masa izin usaha apabila tanpa disertai perubahan fungsi tempat usaha. “Kalau ada pelebaran tempat misalkan, tapi belum dilampirkan izin perubahan maka perpanjangan tidak akan diberikan sampai mau mengurus terlebih dahulu,” tukasnya.(rur)
BACA ARTIKEL LAINNYA... Car Free Night, Busway Di-Stop Sejak Sore

Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler