Permintaan Slot Penerbangan Melonjak, Presiden Jokowi Memerintahkan Menhub Budi Tetap Berhati-hati

Senin, 26 Desember 2022 – 20:05 WIB
Menhub Budi Karya Sumadi. Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com - JAKARTA - Presiden Joko Widodo atau Jokowi memerintahkan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi berhati-hati memberikan slot penerbangan kepada maskapai luar dan dalam negeri.

“Ada permintaan sebanyak 166 slot, atau perkembangan 84 persen, namun demikian presiden arahkan bahwa sekalipun permintaan begitu banyak, lakukan dengan hati-hati,” kata Menhub Budi setelah rapat di Istana Kepresidenan, Jakarta, Senin (26/12).

BACA JUGA: Menhub Budi Karya Ajak Arab Saudi Tingkatkan Kerja Sama Penerbangan

Presiden Jokowi juga meminta Menhub Budi melihat produktivitas yang dapat dihasilkan dari setiap penambahan slot penerbangan tersebut. “Kalau tidak efisien, jangan terlalu diberikan kesempatan,” ungkap Budi.

Selain itu, lanjut Budi, Kementerian Perhubungan juga perlu membenahi sejumlah bandara jika ingin menambah slot penerbangan.

BACA JUGA: Sambut Libur Nataru, Transnusa Perbanyak Armada dan Tambah Frekuensi Penerbangan

Budi mencontohkan di Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Banten, perlu perbaikan agar tidak ada lagi keterlambatan penerbangan, peningkatan kapasitas penumpang, dan lainnya.

“Kami akan koordinasi lebih lanjut arahan Bapak Presiden. Oleh karena itu, kesimpulan kami tadi pengarahan presiden dalam masa transisi pandemi ke endemi ini kami harus lakukan dengan baik bahwa layanan kami lakukan di bandara-bandara internasional harus dengan baik,” kata Menhub Budi.

BACA JUGA: Kabar Baik, Pemkab Mappi Menyediakan Penerbangan Gratis untuk Masyarakat Saat Natal

Permintaan slot tambahan banyak dari maskapai asal Qatar, Turki, Filipina dan lainnya untuk penerbangan mancanegara.

“Dari luar negeri, itu minta pertambahan juga adalah Singapore Airlines,” kata dia.

Permintaan slot penerbangan di dalam negeri datang dari Air Asia dan lainnya.

Kemenhub juga mencatat tingkat pemulihan penerbangan domestik pada 2022 sudah mencapai 71 persen, bahkan di Bandara Soekarno Hatta 90 persen.

“Kami bandingkan antara penerbangan saat ini dengan 2019, pada dasarnya penerbangan dalam negeri sudah mencapai recovery sebanyak 71 persen. Ini suatu jumlah yang lumayan baik bahkan pada Bandara Soekarno Hatta sudah mencapai 90 persen,” kata Budi.

Sementara, kata Budi, untuk tingkat pemulihan penerbangan mancanegara pada 2022 mencapai 33 persen. (antara/jpnn)

Simak! Video Pilihan Redaksi:


Redaktur & Reporter : M. Kusdharmadi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler