Perpaduan Tradisi dan Inovasi dalam Koleksi The 5 Senses of Batik

Senin, 07 Oktober 2024 – 18:08 WIB
Desainer Amanda Hartanto dengan koleksi batiknya. Foto: dok. pribadi

jpnn.com, JAKARTA - Desainer Amanda Hartanto merayakan Hari Batik Nasional 2024, dengan mempersembahkan koleksi terbarunya dalam acara bertajuk 'The 5 Senses of Batik' pada 2 Oktober lalu.

Koleksi ini menghadirkan pengalaman unik yang memungkinkan para tamu merasakan batik melalui lima panca indera, sebuah inovasi yang membawa batik ke dalam dimensi multisensorial.

BACA JUGA: Hari Batik Nasional, HIPMI Jaya Gelar Peragaan Busana di Halte TransJakarta

Amanda Hartanto mengatakan, batik bukan sekedar kain, melainkan sebuah warisan dengan makna mendalam di setiap motifnya.

"Proses pembuatannya yang rumit menambah keindahan batik sebagai seni yang patut dibanggakan," ungkap Amanda, dalam keterangannya, Senin (7/10).

BACA JUGA: Peringati Hari Batik Nasional 2024, Tokopedia Bantu UMKM Lokal Lewat Kampanye

Amanda Hartanto Batik (AHB) yang telah hadir selama lebih dari sepuluh tahun, terus konsisten dalam memadukan unsur-unsur tradisional dan modern dalam setiap rancangannya.

Untuk koleksi ini, Amanda menampilkan motif Burung Hong yang melambangkan keberuntungan dan pemberdayaan, serta motif bunga dengan warna-warna cerah yang mencerminkan keberanian dan semangat positif.

BACA JUGA: Kain Batik Kirei Diluncurkan Bertepatan dengan HBN 2024

Dalam kolaborasi dengan DORE by LeTAO, Amanda menghadirkan instalasi yang dirancang oleh Prolog Design, berupa kue batik sertya aroma lilin yang memenuhi ruangan.

"Saya berharap generasi muda dapat lebih mengenal dan mencintai batik. Batik adalah warisan budaya yang perlu dijaga dan dilestarikan dengan penuh kebanggaan," tuturnya.

Amanda pun mengajak seluruh lapisan masyarakat untuk makin mencintai batik. Menurutnya, dengan dukungan berbagai pihak, warisan batik bisa dipertahankan.

"Jika ingin berlari jauh, kita harus bersama-sama dan saling mendukung," ungkap Amanda Hartanto. (jlo/jpnn)

Simak! Video Pilihan Redaksi:


Redaktur & Reporter : Djainab Natalia Saroh

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler