Perpisahan Ballack di Leipzig

Sabtu, 09 Maret 2013 – 16:00 WIB
BERLIN - Michael Ballack sudah pensiun dari sepak bola sejak 2 Oktober tahun lalu. Setelah habis kontraknya dengan Bayer Leverkusen, dia masih sempat didekati beberapa klub Amerika Serikat dan Australia, tetapi Ballack memutuskan gantung sepatu.
   
Hanya, secara resmi Ballack belum sempat melakoni pertandingan testimoni alias perpisahan. Dia pernah ditawari timnas Jerman tahun lalu, tetapi Ballack menolaknya. Ketika itu hubungannya dengan buruk dengan pelatih timnas Jerman Joachim Loew.
   
Rencananya mantan pemain Bayern Munchen dan Chelsea itu akan melakoni laga perpisahannya pada 5 Juni nanti di Leipzig. Pertandingan penghormatan buat Ballack itu mengundang sejumlah bintang dunia termasuk pelatih Jose Mourinho.
   
Pertandingan itu nantinya akan dijuluki Ciao Capitano. Beberapa pemain yang telah mengkonfirmasi akan hadir menghormati Ballack di antaranya Bastian Schweinsteiger dan beberapa pemain Bayern yang pernah bermain bersamanya.
   
"Saya ingin mengucapkan selamat tinggal dengan memberikan penghormatan kepada para kolega dan fans. Saya juga ingin berterima kasih kepada orang-orang yang ikut menyokong karir," jelas Ballack, seperti dikutip Reuters.
   
Alasan Ballack memiliki Leipzig karena dia memulai karir di sana. "Leipzic sangat luar biasa dan merupakan asal saya. Saya belajar bermain sepak bola di kota ini," jelasnya.
   
Ballack mengawali karir juniornya di Chemnitzer FC. Dia sempat membela klub itu di awal karir profesional sebelum akhirnya bergabung ke Kaiserslautern pada 1997. Dia ikut merasakan juara Bundesliga pada 1997-1998.
   
Kemudian dia bergabung ke Bayer Leverkusen selama 1999-2002 sebelum hijrah ke Bayern Munchen. Tiga gelar Bundesliga, tiga gelar DFB Pokal, dan satu gelar DFB Ligapokal diraihnya.
   
Saat kontraknya di Bayern habis pada 2006, dia memilih bergabung bersama Chelsea. Di timnas Jerman, dia juga menjalani karir yang hebat sebelum mengalami cedera parah jelang Piala Dunia 2010. Setelah itu karirnya di Jerman habis.
   
Hubungannya dengan Loew juga memburuk di akhir karirnya. "Saya pernah mengalami masa-masa yang hebat dengan Loew di timnas Jerman, meski pada akhirnya kami mengalami masalah," jelas pria berusia 36 tahun tersebut. (ham)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Diego Michiels Butuh Dua Pekan Kembalikan Kondisi Fisik

Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler