Persaingan Terbuka Akibat Hujan

Minggu, 08 Juli 2012 – 06:02 WIB

SACHSENRING - Peluang terjadinya persaingan menarik kembali terjadi di MotoGP Jerman. Perkiraan cuaca menyebutkan hari ini saat balapan dilangsungkan bakal diganggu hujan.

Tanda-tanda persaingan yang menarik tersebut sudah tersaji saat sesi kualifikasi berlangsung di Sirkuit Sachsenring, kemarin (7/7).

Drama menarik silih berganti terjadi si akhir sesi. Lintasan basah sebagai imbas dari turunnya hujan hingga pertengahan sesi kualifikasi tak menjadi penghalang bagi pembalap Repsol Honda Casey Stoner untuk kembali meraih pole position. Stoner meraih waktu terbaiknya benar-benar di ujung sesi.

Selain Stoner, empat pembalap di bawahnya juga mendapatkan waktu terbaik di ujung sesi ketika air tak lagi menggenang di lintasan. Berturut-turut posisi kedua hingga kelima adalah Ben Spies (Yamaha Factory), Dani Pedrosa (Repsol Honda), Cal Crutchlow (Yamaha Tech3) dan Jorge Lorenzo (Yamaha Factory).

"Hari yang sulit buat semuanya. Sulit juga mengharapkan cuaca akan bersahabat untuk besok (hari ini). Tapi, kami sudah merasakan sesuatu yang baik pada motor saya di akhir sesi, itu jadi hal terbaiknya," ungkap Stoner.

Hingga beberapa menit jelang sesi berakhir, pembalap LCR Honda Stefan Bradl masih berada di posisi teratas. Dia mencatatkan waktu terbaiknya ketika sebagian besar pembalap memilih untuk berada di garasi. Pada akhirnya, pembalap tuan rumah itu hanya menempati posisi keenam start hari ini.

Hujan yang mengguyur Sachsenring siang hari kemarin sama sekali tak memberikan kesempatan pada para pembalap untuk memakai ban slick yang biasa dipakai di lintasan kering. Hal yang yang berpeluang terjadi lagi di saat balapan. Perkiraan cuaca menyebutkan Sachsenring kembali akan diguyur hujan pada siang hari, bahkan cenderung disertai petir.

Harapan untuk menyaksikan pertarungan sengit di Sachsenring pun meninggi. Faktor hujan sebelumnya sudah terbukti mengurangi keboasanan MotoGP saat berlangsung di Le Mans, Prancis, Mei lalu. Saat itu pembalap Ducati Valentino Rossi mampu mengalahkan Stoner dan kembali meraih podium setelah sekian lama.

Di sesi kualifikasi, Rossi berada di urutan kedelapan. Tapi dengan pengalaman dan skill membalapnya, dia punya peluang besar untuk merangsek lantas meraih podium lagi. Di Le Mans, dia start dari posisi ketujuh dan hanya kalah dari Lorenzo yang finis pertama.

Seperti diketahui, faktor lain yang membuat MotoGP Jerman makin menarik adalah poin sama yang dimiliki dua pembalap teratas di datar klasmeen sementara, Lorenzo dan Stoner. Keduanya memiliki 140 poin setelah MotoGP Belanda pekan lalu. Saat itu Stoner menang dan Lorenzo gagal finis akibat celaka di tikungan pertama.

Selain itu, pembalap Gresini Honda Alvaro bautista yang menjadi penyebab Lorenzo tanpa poin di Belanda harus menanggung akibat kecerobohannya. Dia diputuskan mendapatkan penalti start dari grid terakhir MotoGP Jerman meski hasil kualifikasi menmpatkannya di posisi sebelas. (ady)

Hasil kualifikasi MotoGP Jerman

1. Casey Stoner, Repsol Honda                  1 menit 31,796 detik
2. Ben Spies, Yamaha Factory                + 0,193
3. Dani Pedrosa, Repsol Honda                  + 0,285
4. Cal Crutchlow, Tech 3 Yamaha                 + 0,492
5. Jorge Lorenzo, Yamaha Factory        + 0,585
6. Stefan Bradl, LCR Honda                     + 0,714
7. Nicky Hayden, Ducati                            + 0,999
8. Andrea Dovizioso, Tech 3 Yamaha    + 1,409
9. Valentino Rossi, Ducati                        + 1,421
10. Aleix Espargaro, Aspar Aprilia                 + 2,104*
11. Alvaro Bautista, Honda Gresini         + 2,292
12. Hector Barbera, Pramac Ducati                 + 2,746
13. Colin Edwards, Forward Suter-BMW     + 2,853*
14. Randy de Puniet, Aspar Aprilia                 + 2,855*
15. Mattia Pasini, Speed Master Aprilia          + 3,142*
16. Danilo Petrucci, Ioda-Aprilia                  + 3,794*
17. Michele Pirro, Gresini FTR-Honda             + 3,799*
18. Yonny Hernandez, Avintia FTR-Kawasaki      + 4,166*
19. Ivan Silva, Avintia Inmotec-Kawasaki      + 4,387*
20. James Ellison, Paul Bird Aprilia             + 4,559*
21. Franco Battaini, Cardion Ducati            + 4,642
*CRT

BACA ARTIKEL LAINNYA... Agung Supriyanto Bawa Indonesia Unggul 2-0


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler