Persebaya Bakal Hadapi Persib Bandung tanpa Striker Murni

Jumat, 19 Oktober 2018 – 18:48 WIB
Para pemain Persebaya Surabaya sedang berlatih. Foto: Satrio Wicaksono for Persebaya

jpnn.com, SURABAYA - Persib Bandung akan menjamu Persebaya Surabaya dalam laga lanjutan Liga 1 2018 di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar, Sabtu (20/10) malam.

Jelang bentrok tersebut, Persebaya Surabaya ternyata masih punya dua striker. Mereka adalah Rishadi Fauzi dan Riky Kayame. Tapi, kemungkinan besar Green Force –julukan Persebaya- malah turun tanpa striker murni.

BACA JUGA: Borneo FC vs PSM: Sama-Sama Sedang Garang!

Performa lini depan yang tumpul kala bersua Borneo FC (13/10) membuat pelatih Persebaya Djadjang Nurdjaman kesal. “Kami tidak puas dengan penampilan lini depan kemarin (lawan Borneo FC). Banyak peluang terbuang,” kata pelatih yang akrab disapa Djanur itu.

Padahal, dalam laga tersebut, Djanur sudah menurunkan dua strikernya. Rishadi Fauzi bahkan turun sejak menit pertama. Sementara Riky Kayame masuk pada menit ke-80.

BACA JUGA: Barito Putera vs Perseru: Ubah Aura Negatif Jadi Positif

Tercatat, Rishadi mampu melepaskan tujuh tembakan. Di mana dua di antaranya menraha ke gawang. Tapi, tak ada gol tercipta. Sementara Kayame malah tak melepaskan tembakan sama sekali.

Karena itu, dua pemain tersebut kemungkinan bakal ditepikan kontra Persib. Djanur sudah punya opsi lain untuk mengisi posisi ujung tombak. Pelatih 53 tahun itu memang tidak menjelaskan secara gamblang siapa yang bakal ditempatkan sebagai pengganti David da Silva di posisi striker.

BACA JUGA: Liga 1 2018: Berita Terbaru Persiapan Persib Lawan Persebaya

Tapi, Djanur mengisyaratklan bakal menjajal salah satu wingernya sebagai target man. Sebelumnya, dia sempat menyebut nama Osvaldo Haay yang bakal dijajal sebagai striker. “Di benak saya sudah ada pilihan untuk starter. Kami sudah coba dalam latihan. Siapa tahu (hasilnya) lebih baik,” kata mantan pelatih Pelita jaya itu.

Jika memang benar, ini akan menjadi pertama kalinya Persebaya turun tanpa striker murni di musim ini. Sebelumnya, Green Force selalau turun dengan satu striker murni untuk menopang dua winger dalam skema 4-3-3. Yang jadi masalah, performa winger juga tak cukup oke. Osvaldo baru mengmemas dua gol. sementara Ferinando Pahabol baru satu gol.

Untungnya, Persebaya sudah bisa diperkuat Irfan Jaya. Dia merupakan winger tersubur dengan torehan lima gol. Pemain 22 tahun itu memang belum bergabung dalam latihan rutin di stadion Gelora Bung Tomo, kemarin. “Tapi saya rasa Irfan tak ada masalah. Selama dia (Irfan) ada di tim, dia selalu jadi pilihan utama. Termasuk lawan Persib,” tegas Djanur.

Kembalinya Irfan juga disambut baik oleh sang kapten, Rendi Irwan. Menurutnya, adanya Irfan Jaya sedikit memberi motivasi bagi tim. Apalagi, dua kekalahan beruntun sempat membuat mental penggawa Green Force anjlok. “Kami akui kami saat ini dalam keadaan terjepit,” kata pemain 31 tahun itu.

Tak jauh dari zona merah memang membuat laga kontra Persib bakal penuh tekanan. Sebab, jika kalah lagi, Persebaya posisi Persebaya jelas kian terancam. Karena itu, meski dalam kondisi pincang, Rendi tetap berharap hasil maksimal kontra Persib. “Kami ingin curi poin. Motivasi (untuk menang) itu penting agar jauh dari zona degradasi,” tambah Rendi.

Rencananya, Rendi Irwan dkk akan bertolak ke Gianyar, Bali siang ini. Tidak akan ada latihan yang dilakukan. Pemain akan diberi jatah istirahat. Itu artinya, mereka baru akan kembali berlatih saat melakukan official training (OT) di stadion I Wayan Dipta, Gianyar, besok. “Karena berangkat siang hari, waktunya mepet, jadi tak ada latihan,” kata Djanur. (gus)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Liga 1 2018: Daftar Lengkap Skuat Persebaya Lawan Persib


Redaktur & Reporter : Budi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler