Persebaya Dipermalukan Persipura di GBT

Jumat, 13 Maret 2020 – 21:53 WIB
Pemain Persebaya Ruben Sanadi (kanan) berebut bola dengan pemain Persipura Yustinus Pae pada pertandingan Liga 1 di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya, Jumat (2/8/2019). Foto: Antara/Didik Suhartono

jpnn.com, SURABAYA - Persebaya Surabaya gagal meraih kemenangan perdana di kandang setelah ditaklukkan Persipura 3-4 dalam lanjutan Liga 1 2020 di Stadion Gelora Bung Tomo (GBT), Jumat (13/3) malam. Kekalahan itu memperpanjang rekor Aji Santoso yang masih sulit menang saat main di kandang.

Di laga pembuka Liga 1 2020 melawan Persik Kediri pada 29 Februari lalu, Persebaya hanya bisa imbang dengan skor 1-1. Saat itu, laga juga digelar di Stadion GBT di hadapan 50 ribu Bonek. Kini, di hadapan 12 ribu Bonek, Persebaya malah takluk dari Persipura.

BACA JUGA: Jelang Persebaya vs Persipura, Panpel Liga 1 2020 Lakukan Penyemprotan Disinfektan di GBT

Performa Persebaya dalam laga ini memang tak sedominan dalam masa pramusim. Permainan mereka mudah dibaca oleh Persipura sehingga bisa kebobolan duluan oleh Persipura via Thiago Amaral pada menit ke-20.

Tertinggal 0-1 membuat pemain Persebaya panas. Mereka termotivasi bangkit dan berusaha membombardir pertahanan Persipura. Namun, strategi cerdik tim Mutiara Hitam, mampu meredam serangan yang digagas oleh pemain-pemain Green Force.

BACA JUGA: Persebaya vs Persipura: Ingat, Laga Pertama Sudah Terluka

Pada menit ke-34, memanfaatkan kelengahan pemain Persebaya, Amaral berhasi melakukan brace. Dia menggandakan keunggulan tim tamu atas tuan rumah setelah memaksimalkan assist dari Gunansar Mandowen.

Keunggulan 0-2 tim lawan ini membuat Persebaya tersengat. Mereka merespons positif dengan keberhasilan David da Silva mencetak gol yang memperkecil kedudukan menjadi 1-2. Dia memanfaatkan assist dari Mahmoud Eid. Skor tersebut bertahan sampai laga memasuki masa jeda anatarbabak.

BACA JUGA: 2 Balita Positif Corona

Pada paruh kedua, Persebaya langsung melakukan serangan sporadis untuk segera menyamakan kedudukan. Namun, bukan gol yang didapatkan, Persebaya justru kembali kebobolan. Aksi dari Thiago Amaral membelah pertahanan Persebaya, kemudian menyodorkan bola kepada M Tahir berhasil dieksekusi dengan baik sehingga menjadikan kedudukan kembali berubah 1-3 pada menit ke-51.

Persebaya kemudian coba merespons, mereka bermain lebih sabar dan mencoba perlahan membongkar pertahanan Persipura. Pada menit ke-74, buah kesabaran Persebaya terbayar dengan gol kedua yang dihasilkan oleh Mahmoud Eid memanfaatkan umpan Makan Konate.

Persipura ternyata belum habis, mereka justru semakin panas dengan selisih gol yang mendekat menjadi 2-3. Ferinando Pahabol membuat pemain-pemain Persebaya tertunduk lesu setelah mencetak gol keempat Persipura pada menit ke-88. Saat laga dianggap sudah akan berakhir dengan skor 2-4, gelandang Persebaya Rendi Irwan ternyata bisa memperkeci kedudukan menjadi 3-4 di masa injury time.

Sampai peluit panjang dibunyikan, Persebaya tak mampu lagi mengejar ketertinggalan dan laga ditutup dengan kekalahan tuan rumah. Hasil ini menjadikan Persebaya terjerembab ke papan bawah dan ada di posisi ke-16 dengan satu poin dari dua laga. Sementara, Persipura berhasil menembus tiga besar setelah mencatatkan dua kemenangan dari tiga laga yang telah dijalaninya. (dkk/jpnn)


Redaktur & Reporter : Muhammad Amjad

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Tag
Persebaya   PSSI   Persipura  

Terpopuler