Persembahan buat Park dan Lee

Minggu, 30 Januari 2011 – 23:28 WIB
DOHA - Perayaan kemenangan Korea Selatan (Korsel) atas Uzbekistan di laga perebutan tempat ketiga Piala Asia 2011, diwarnai dengan perpisahan dua pemain seniorKapten Park Ji-sung dan bek kiri Lee Young-Pyo telah memutuskan pensiun.

Korsel menang dengan skor ketat 3-2 (3-1) di Jassim Bin Hamad Stadium, kemarin (29/1)

BACA JUGA: Gagal Suguhkan yang Istimewa

Mereka unggul lebih dulu lewat Koo Ja-Cheol di menit ke-18 disusul gol Ji Dong-won di menit ke-28 dan 39
Gol Uzbekistan diborong Alexander Geynrikh lewat penalti di menit ke-45 dan 53.

Park tidak bermain pada laga tersebut karena mengalami cedera

BACA JUGA: Proteksi Torres, Buru Suarez

Dia hanya duduk di bangku cadangan dan memberikan dukungan kepada para pemain Korsel lainnya
Adapun, Lee tetap bermain dari awal hingga akhir pertandingan.

"Park dan Lee memutuskan gantung sepatu dari timnas

BACA JUGA: Nama 18 Pemain Diumumkan Jelang Pertandingan

Saya hanya ingin mengatakan bahwa mereka telah melakukan pekerjaan hebat bersama tim iniSaya menyayangi mereka berdua," bilang Cho Kwang-rae, tactician Korsel, seperti dikutip AFP.

Sejatinya, Cho masih berharap agar Park dan Lee mengubah rencana mereka"Akan lebih baik bila mereka bertahan, tapi kami harus menerima keputusan mereka, karena mereka telah memberikan segalanya buat tim ini," lanjuit Cho.

Park yang kini berusia 29 tahun telah membela timnas sejak 2000 dan dia juga ikut andil ketika Korsel menembus semifinal Piala Dunia 2002Dia juga memiliki peran penting bagi Korsel ketika berlaga di Piala Dunia 2006 dan 2010.

Ketika membela Korsel melawan Jepang pada semifinal, di mana ereka kalah melalui adu penalti, Park mencatat caps ke-100 membela KorselSayang, dia gagal memenuhi ambisinya membawa Korsel menjuarai Piala Asia 2011.

Selain di level timnas, Park juga punya karir gemilang di level klubPada 2009 lalu, dia menjadi pemain Korsel pertama yang tampil di final Liga Champions ketika Manchester United kalah dari BarcelonaDia juga ikut andil membawa United merebut tiga gelar Premier League dan tiga gelar Piala Carling.

Keputusan Park pensiun lantaran ingin lebih fokus ke klub"Soal masa depan saya? Saya akan melakukan yang terbaik untuk klub dan melakukan segalanya untuk membantu klub saya berprestasi," bilang Park, seperti dikutip Goal.

Lee yang juga memutuskan pensiun, masih menyayangkan keputusan ParkMantan pemain PSV Eindhoven, Tottenham Hotspur, dan Borussia Dortmund itu menilai keberadaan Park akan mematangkan para pemain muda Korsel saat ini.

"Secara pribadi, saya ingin Park tetap membela timnas sebentar lagiNamun, saya tetap menghormati keputusannya pensiunSejak muda, saya sudah bermain dengan ParkDia selalu berusaha mengorbankan diri untuk tim," kata Lee, seperti dikutip Reuters.

Para pemain Korsel juga sengaja mempersembahkan kemenangan untuk Park dan Lee"Mereka sudah melakukan hal hebat bagi Korsel selama satu dekade terakhirKami sungguh bangga terhadap mereka," ujar Ki Sung-yueng, gelandang Korsel(ham)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Come on Murray!


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler