Persembahan Serdadu Sam Menjelang Album Debut

Jumat, 24 Mei 2024 – 12:12 WIB
Serdadu Sam. Foto: Dok. Demajors

jpnn.com, JAKARTA - Serdadu Sam merilis single terbaru yang berjudul 'The Lady with The Sapphire in Her Eyes' melalui kerja sama dengan label rekaman demajors.

Lagu tersebut merupakan persiapan menuju album debut sekaligus menyambung rilisan single Setengah Tiang yang merupakan intepretasi ulang dari karya Harry Roesli pada Oktober 2023.

BACA JUGA: Garap Visual, Synchronize Fest 2024 Gandeng Cisarua Creative

Kmacallo, sosok di balik moniker Serdadu Sam, mengatakan The Lady with The Sapphire in Her Eyes merupakan lagu yang dibuat saat dirinya sedang kesepian akibat karantina selama sepuluh hari.

Kesepian dan rindu pada keluarga ternyata dapat memberikan energi yang cukup deras untuk menciptakan sesuatu.

BACA JUGA: Keseruan After Movie Sambut Synchronize Fest 2024

"Lagu ini mungkin satu-satunya lagu yang saya tulis dari nol sampai selesai dan bahkan sampai menjadi demo utuh hanya dalam beberapa jam saja. Biasanya butuh waktu lama untuk saya menyelesaikan proses penulisan satu lagu," kata Serdadu Sam.

Menurut Serdadu Sam, walaupun The Lady with the Sapphire in Her Eyes adalah lagu yang lahir dari kesepian dan kerinduan, namun mood lagunya justru upbeat bukan
melankolis.

BACA JUGA: 24 Tahun, demajors Terus Berikhtiar Demi Ekosistem Musik

Dia juga memilih progresi chords yang relatif lebih simpel dengan durasi yang terhitung singkat dibanding lagu-lagunya yang lain.

"Saya tidak memiliki referensi musik tertentu saat menulis lagu ini, prosesnya benar-benar mengalir semata-mata karena keinginan menulis sesuatu untuk yang menunggu saya di rumah," jelasnya.

Lagu The Lady with the Sapphire in Her Eyes juga menegaskan bahwa Serdadu Sam tidak ingin proses kreatifnya dibatasi atau dikurung dalam format maupun genre tertentu saja.

Dia tetap berpegang pada metode kerja menangkap dan meresapi semua nada, sound, lirik, tempo maupun birama yang melintas di kepala.

"Kemudian saya tuangkan dan ramu di aplikasi garageband saya," tambahnya.

Single The Lady with the Sapphire in Her Eyes masih diproduseri Serdadu Sam bersama dengan Fay Ismail.

Pada lagu ini, dia mengisi vokal utama dan tambahan keyboards, lalu didukung oleh musisi kontributor handal yaitu Rishanda ‘Sanip’ Singgih pada bas, kibor dan synthesizer, Rama Moektio mengisi drum, laku semua isian gitar dipercayakan pada Denny Chasmala.

Sementara itu, Heritage Kurniawan, Wahyu Hidayat dan Raden Silvester masing-masing pada trumpet, saxophone dan trombone serta vokal latar yang diisi Serdadu Sam
bersama dengan Fay Ismail, Diki Satya dan Andi Pey.

Peluncuran single ini juga didukung dengan musik video berbasis artificial intelligence karya Aristama Roesli sebagai director dan AI visual development dan Ekyno selaku offline dan online editor.

The Lady with the Sapphire in Her Eyes menjadi single menuju peluncuran album penuh debut Serdadu Sam pada 2024 ini.

Nominator Anugerah Musik Indonesia 2022 untuk kategori produksi progressive terbaik itu sedang merampungkan beberapa materi lagu yang akan menjadi bagian dari album debut tersebut.

"Saya sangat excited dengan proses perampungan materi album debut saya ini. Saya berharap rentang variasi musik dan sound yang cukup luas di album tersebut akan dapat dinikmati dan memberikan pengalaman yang unik bagi yang mendengarkan," tutupnya.

Single The Lady with The Sapphire in Her Eyes dari Serdadu Sam sudah bisa didengarkan di seluruh platform streaming digital di antaranya Spotify, Apple Music, YouTube Music, TikTok Music, dan Langit Musik. (ded/jpnn)


Redaktur & Reporter : Dedi Yondra

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler