Persiapan Asian Games & Asian Para Games 2018 Berjalan Baik

Kamis, 07 Juni 2018 – 11:11 WIB
Menpora Imam Nahrawi menghadiri Rapat Koordinasi Tingkat Menteri di Kantor Kemenko PMK, Rabu (6/6). Rakor tersebut membahas Sinergi Persiapan Penyelenggaraan Asian Games dan Asian Para Games 2018. Foto: Raiky/Kemenpora

jpnn.com, JAKARTA - Menpora Imam Nahrawi menghadiri Rapat Koordinasi (Rakor) Tingkat Menteri di ruang rapat Lantai 1, Kantor Kemenko Pemberdayaan Manusia dan Kebudayaan (PMK), Rabu (6/6) siang. Rakor tersebut membahas Sinergi Persiapan Penyelenggaraan Asian Games dan Asian Para Games 2018.

Rakor dipimpin langsung oleh Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Puan Maharani. Usai rapat, Puan menyampaikan adanya rapat ini untuk mensinergikan pelaksanaan Asian Games dan Asian Para Games agar berjalan lancar karena waktunya berkelanjutan.

BACA JUGA: Menpora Berharap Paytren jadi Inspirasi Masyarakat Indonesia

"Karena berkelanjutan, jadi kami berharap bahwa penggunaan venue dan penggunaan Wisma Atlet juga bahkan hal-hal teknis yang berkaitan dengan pelaksanaan kedua event internasional ini bisa berjalan sebagaimana yang kami harapkan dengan mengedepankan efisiensi, efektivitas dan sportivitas," kata Puan.

"Karenanya di sini, saya mengundang para menteri juga dengan CdM Asian Games dan Asian Para Games sehingga semua hal yang akan lakukan bisa terkoordinasi dan tersinergi. Sampai hari ini Alhamdulillah tidak ada hal-hal yang krusial yang akan menjadi masalah ke depannya. Masalah keamanan juga sudah kami diskusikan dengan kepolisian dan juga TNI untuk membantu semua hal yang berkaitan dengan Asian Games dan Asian Para Games," ujar Puan.

BACA JUGA: Menpora Bagikan Kaus Asian Games di Tebing Breksi

Sementara itu, Menpora mengatakan pertemuan ini sangat bagus. "Saya rasa pertemuan ini sangat bagus. Karena setelah Asian Games kita harus memanfaatkan yang sudah dilaksanakan oleh panitia Asian Games. Soal venue, transportasi dan volenter tidak ada sinkronisasi sehingga bisa jadi langkah ini yang paling efektif untuk efisiensi anggaran, " ucapnya.

Lebih lanjut Menpora mengatakan Kemenpora terus mendorong penggunaan anggaran bisa dilaksanakan dengan baik.

BACA JUGA: Menpora Menghadiri Perayaan Tri Suci Waisak 2018

“Karena sebagai penggunaan anggaran tentu harus terus menerus memberi laporan kepada DPR, masyarakat dan juga pemeriksa. Makanya saya terus minta kepada INASGOC dan INAPGOC untuk memanfaatkan anggaran dengan sebaik mungkin. Karena ini akan terpengaruh dengan opini Kemenpora sebagai pengguna anggaran,” katanya.

Terkait prestasi, lanjutnya, kita terus mendorong pada seluruh pimpinan cabang olahraga melakukan upaya-upaya konkret untuk memotivasi para atlet, pelatih dan asisten pelatih untuk lebih semangat lagi dan mereka betul-betul membuktikan bahwa Idulfitri ini tidak ada cuti dan libur dan itu yang perlu kita apresiasi. Sudah barang tentu pengorbanan harus didukung oleh seluruh warga bangsa baik dengan semangat maupun doa.

Sedangkan terkait promosi, Menpora menyampaikan bahwa melakukan promosi Asian Games dan Asian Para Games tidak cukup hanya menempelkan logo Asian Games dan Asian Para Games. Namun lebih dari pada itu harus mencari kelebihan dari proses perjalan para atlet yang kemudian memberi daya tarik baru bagi masyarakat agar tertarik dan menjadi idola bagi masyarakat.

"Yang jelas kami tidak henti-hentinya mempromosikan Asian Games dan Asian Para Games, begitu juga INASGOC dan INAPGOC. Piala dunia nanti menjadi kesempatan buat mempromosikan Asian Games dan Asian Para Games dengan cara memberikan kuis seputar Asian Games dan Asian Para Games,” tutupnya.

Hadir dalam rakor tersebut, Mensos Idris Marham, Sesmenpora Gatot S. Dewa Broto, Deputi Peningkatan Prestasi Olahraga Mulyana, dan Asisten Deputi bidang Pengembangan Olahraga Tradisional dan Layanan Khusus Bayu Rahadian.

Hadir juga Wagub DKI Sandiaga Uni, Ketua INAPGOC Asian Para Games 2018 Raja Sapta Oktohari, CdM Asian Games 2018 Komjen Pol Syafruddin, CdM Asian Para Games 2018 Arminsyah.(jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Menpora Membagikan Bola ke Para Santri Syubbanul Wathon


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Tag

Terpopuler