Persiapan Tampil di SEA Games 2023, Timnas Basket Putri Mendatangkan Pelatih dari NBA

Jumat, 24 Maret 2023 – 19:45 WIB
Pelatih Chris Matthews a.k.a Lethal Shooter saat melatih Timnas basket putri Indonesia menjelang SEA Games di Surabaya, Jawa Timur. Foto: Dokumentasi Perbasi

jpnn.com - JAKARTATim Nasional Basket Putri Indonesia melakukan persiapan dengan matang dalam menghadapi SEA Games 2023.

Pelatih asal Amerika Serikat Chris Matthews pun didatangkan untuk melatih akurasi tembakan Dewa Ayu Made Sriartha dan kawan-kawan.

BACA JUGA: Srikandi Ganjar NTT Gelar Kompetisi Basket Untuk Asah Bakat Anak Muda

Chris Matthews yang dikenal di sosial media sebagai Lethal Shooter itu merupakan pelatih basket yang sering melatih beberapa pemain NBA

Tercatat beberapa pemain mulai dari Anthony Davis, Domantas Sabonis, Jaylen Brown, hingga Candace Parker sering berlatih bersama dengan Chris.

BACA JUGA: Timnas 3x3 Putra Indonesia Diharapkan Tembus Babak Utama FIBA 3x3 Asia Cup 2023

Manajer Timnas Basket Putri Indonesia Christopher Tanuwidjaja mengaku sengaja mendatangkan pria kelahiran 25 Mei 1985 itu ke Surabaya.

Meski hanya beberapa hari di Kota Pahlawan, Chris diharapkan bisa membuat persiapan Timnas Basket Putri Indonesia ke SEA Games 2023 lebih maksimal.

BACA JUGA: Demi Pertahankan Medali Emas, Timnas Basket Indonesia Gelar TC di Australia

“Chris Matthews baru bergabung dengan kami setelah SWBL di Singapura. Dia di sini hanya singkat saja, karena jadwal dia yang padat di Amerika mulai dari NCAA Final Four 2023 dan NBA Playoffs. Alasan kami datangkan dia sederhana saja, kami ingin menjadi yang terbaik,” ungkap Christopher dalam rilis tertulis.

Selama melatih tim asuhan Lin Chi-Wen, Chris Matthews mengajarkan beberapa detail dalam bermain basket, antara lain, akurasi tembakan dan ketenangan.

Dengan hal itu diharapkan para pemain bisa mengambil keputusan kapan untuk menembak, passing, atau drive

"Selama di sini, perubahan utama yang kami dapatkan adalah pola pikir para pemain dalam membaca situasi di lapangan,” pungkas pria yang akrab disapa Itop itu.

Sebelum Chris Matthews, tercatat Timnas Basket Putri Indonesia juga mendatangkan Blair O’Donovan pada November silam. 

Kedatangan pelatih asal Negeri Paman Sam itu dimaksudkan untuk memperkuat fisik para srikandi putri Indonesia.

Diharapkan persiapan yang telah dilakukan jauh-jauh hari sejak September silam bisa membuahkan medali emas untuk timnas.

Pada edisi 2021, Timnas Basket Putri Indonesia harus puas meraih medali perak di bawah Filipina yang pulang dengan torehan emas.

Raihan di SEA Games 2021 Vietnam membuat Indonesia untuk kali ketiga meraih medali perak seusai sebelumnya pada 1993 dan 2015.(perbasi/mcr16/jpnn)


Redaktur : M. Kusdharmadi
Reporter : Muhammad Naufal

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler