Persib Bandung Gugat Luis Milla ke Pengadilan Arbitrase Olahraga Gegara Masalah Ini

Selasa, 10 September 2024 – 19:53 WIB
Luis Milla saat masih melatih Persib Bandung. Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com - Persib Bandung mengonfirmasi bila pihaknya melakukan upaya hukum terkait pelanggaran atau breach of contract yang dilakukan mantan pelatih mereka, Luis Milla.

Ketika itu, juru taktik asal Spanyol tersebut secara mendadak menyatakan pengunduran diri sebagai pelatih Persib seusai pertandingan pekan pekan ke-3 Liga 2023/2024, tepatnya pada 15 Juli 2023.

BACA JUGA: Turut Mengantar Persib Juara, Rezaldi Hehanussa Ucap Terima Kasih kepada Luis Milla

Director of Sporting PT Persib Bandung Bermartabat (PBB) Adhitia Herawan mengatakan, Persib menggugat Milla karena ada unsur pelanggaran kontrak di balik keputusan mundurnya secara mendadak.

Gugatan itu diajukan ke Pengadilan Arbitrase Olahraga atau Court of Arbitration for Sport (CAS).

BACA JUGA: Umuh Muchtar Bicara Pelatih Baru Persib Pengganti Luis Milla

"Dampak dari mundurnya Luis Milla secara mendadak pada musim 2023/2024 lalu, tentunya terdapat konsekuensi yang harus diselesaikan secara hukum."

"Dan, di antara kedua belah pihak, baik Persib dan Luis Milla tidak ada sama sekali mutual agreement," kata Adhit, Selasa (10/9/2024).

BACA JUGA: Luis Milla Punya Alasan Personal, Putuskan Akhiri Kontrak dengan Persib

Menurut Adhit, pada Senin (9/9/2024) kemarin, Persib melakukan sesi audiensi dan hearing dengan CAS membahas tuntutan hak Persib kepada Luis Milla.

Persib berkewajiban membayarkan sisa kontrak kepada pemain atau ofisial jika melakukan proses terminasi.

"Hal yang sama juga berlaku bagi pemain atau pelatih yang mengundurkan diri di tengah-tengah kontrak. Mereka diwajibkan membayarkan sisa nilai kontraknya," terang dia.

Luis Milla bergabung dengan Persib sebagai suksesor Robert Albert yang mundur di awal kompetisi Liga 1 musim 2022/2023.

Mantan pelatih Tim Nasional Indonesia ini memimpin Persib dalam 30 pertandingan dengan catatan 17 kali menang, 7 imbang, dan 6 kalah.

Setelah Milla mengundurkan diri, Persib menunjuk asisten pelatih Yaya Sunarya sebagai caretaker sampai Bojan Hodak datang menggantikan peran Milla pada pertandingan pekan ke-6 Liga 1 musim 2023/2024.

Luis Milla sendiri mengungkapkan alasannya mundur sebagai pelatih karena ada urusan pribadi di kampung halamannya, Spanyol.

"Hari ini menjadi hari yang berat bagi saya karena harus meninggalkan Persib dengan alasan personal," kata Milla.

Meski tak gamblang diungkapkan alasannya, Milla menyampaikan terima kasih kepada ofisial, manajemen, pemain, dan juga Bobotoh yang selalu mendukungnya selama memimpin kesebelasan Maung Bandung.

"Mengingat waktu dan perjalanan yang sudah dilalui bersama Persib, dijalani dengan baik, dengan penuh kasih sayang, dengan penuh kecintaan dan semua aspek dari klub, saya ucapkan terima kasih kepada orang-orang yang ada di sekitar saya," jelasnya.

Milla melanjutkan, keputusan ini diambil cukup sulit. Pelatih berusia 57 tahun itu sangat menghargai berbagai hal yang sudah dilewati dia bersama tim.

“Apa pun yang sudah dilewati bersama pemain juga sudah dilewati dengan baik karena ini adalah personal, sebuah tema yang cukup sulit yang harus saya putuskan," tuturnya.(mcr27/jpnn)


Redaktur : Dhiya Muhammad El-Labib
Reporter : Nur Fidhiah Sabrina

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler