Persija Jadi Tim Pertama Lolos tanpa Adu Pinalti

Minggu, 04 Februari 2018 – 20:58 WIB
Para pemain Persija Jakarta melakukan selebrasi di depan The Jakmania. Foto: Liga Indonesia

jpnn.com - Persija Jakarta memastikan diri lolos ke semifinal Piala Presiden 2018. Kepastian itu didapatkan setelah tim berjuluk Macan Kemayoran menaklukkan Mitra Kukar 3-1 (2-0) di perempat final yang dihelat di Stadion Manahan, Solo, Minggu (4/2) sore.

Marko Simic lagi-lagi menjadi pendulang gol bagi Persija. Dia mencatatakan namanya dua kali ke papan skor dalam laga ini, pada menit ke-20 dan 45. Satu gol tim Ibu Kota lainnya disarangkan oleh Bambang Pamungkas pada menit ke-87.

BACA JUGA: Mitra Kukar: Andai Tak Ada Super Simic, Kondisi Berbeda

Sementara itu, satu-satunya gol Naga Mekes dalam laga ini dicetak oleh legiun asingnya, Fernando Rodrigues pada menit ke-72.

Permainan Persija, yang didukung 20 ribu lebih The Jakmania, dalam pertandingan ini memang sangat ofensif. Dari menit awal, pelatih Stefano Cugurra Teco menerapkan taktik menyerang yang variatif.

BACA JUGA: Begini Susunan Pemain Laga Arema FC v Sriwijaya FC

Tak melulu mengandalkan dari sayap, tapi sektor tengah pun mampu menjadi titik masuk untuk menggedor pertahanan Mitra Kukar.

Laga baru berjalan delapan menit, Persija nyaris unggul setelah Ramdhani Lestaluhu berhasil melepaskan tendangan dari luar kotak penalti. Beruntung, posisi Yoo Jae-Hoon, kiper Mitra Kukar tepat ke posisi bola sepakan Ramdhani.

BACA JUGA: Singkirkan Mitra Kukar, Persija Tantang PSMS Medan

Akhirnya, upaya mencetak gol berhasil diraih setelah kesempatan lemparan ke dalam di sisi kanan pertahanan lawan, mampu dimaksimalkan. Berawal dari throw-in Rezaldi Hehanusa, boal disundul oleh Novri Setiawan yang diarahkan ke posisi Simic.

Super Simic yang ditempel ketat lawan, berhasil melepaskan sepakan sembari melompat untuk mengkonversinya menjadi gol.

Keunggulan itu memang coba direspon oleh Mitra Kukar. Tapi kedisiplinan dan kekompakan pemain Macan Kamayoran, tak bisa ditembus oleh pemain Naga Mekes.

Malah, sebelum peluit babak pertama berakhir dibunyikan, Persija sukses menggandakan keunggulan. Simic lagi-lagi menujukkan kelasnya sebagai striker haus gol. Sepakan kaki kirinya dari luar kotak penalti, mengarah ke pojok kiri gawang Mitra Kukar dan tak mampu ditepis oleh Jae-Hoon.

Unggul 2-0, Persija tampil semakin lepas di babak kedua. Tapi, pressing ketat seperti babak pertama tak begitu terlihat di 45 menit kedua ini. Penjagaan mereka mulai mengendur, dan kondisi ini mampu dimanfaatkan oleh striker Mitra Kukar Fernando Rodrigues.

Memanfaatkan umpan terukur dari sayap kiri, sembari menjatuhkan diri Fernando menggapai bola tersebut untuk mencetak gol kaki kirinya. Asa bagi Mitra Kukar untuk menyamakan kedudukan terbuka.

Namun, kejelian pelatih Persija Stefano Cugurra Teco yang memasukkan Bambang Pamungkas, membuat Persija mampu menjauh dari kejaran lawan. Belum lima menit menggantikan Ivan Carlos, pemain yang akrab disapa Bepe itu menceploskan bola dengan sepakan keras dari dalam kotak penalti.

Dengan kemenangan 3-1 ini, Persija menjadi tim pertama yang lolos ke semifinal dalam kemenangan di waktu normal. Sebelumnya, dua tim yang memastikan lolos terlebih dulu, PSMS dan Bali United, lolos ke semifinal melalui babak adu penalti setelah bermain imbang di waktu normal 90 menit. (dkk/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Inilah Starting Lineup Laga Persija v Mitra Kukar


Redaktur & Reporter : Muhammad Amjad

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler