Persipura Berpeluang Tampil di Penyisihan Grup LCA

Rabu, 22 Februari 2012 – 08:08 WIB

JAKARTA - Persipura kembali mendapat harapan untuk melanjutkan  kiprahnya di Liga Champions Asia (LCA). Meski 16 Februari lalu ditundukkan klub Australia Adelaide United 3-0, juara Indoensia Super League (ISL) musim 2010/2011 itu berpeluang besar bermain di fase Grup E bersama Gamba Osaka (Jepang), Budnyokor (Uzbekistan)dan Pohang Steelers (Korea Selatan).

Kok bisa? Itu karena kemenangan Adelaide bisa jadi akan dibatalkan dan sebaliknya Persipura akan diberi kemenangan 3-0. Penyebabnya, Adelaide diindikasikan memainkan pemain yang tidak sah.

Yaitu Cassio Oliveira. Pemain asal Brazil itu seharusnya tidak bisa bermain di playoff melawan Persipura karena harus menjalani sanksi larangan bertanding. Karena sebelumnya Cassio mendapat kartu merah ketika Adelaide disingkirkan Jeonbuk Hyundai Motors 2-3 di 16 besar Liga Champions Asia 2010.

Berdasar Pasal 35 regulasi AFC, sanksi terhadap pemain berlaku di laga resmi berikutnya yang diikuti oleh pemain bersangkutan. Hal itu juga ditegaskan AFC dalam rilis resminya tertanggal 31 Mei 2011.

"Cassio Oliveira dari Adelaide United (Australia) akan absen dalam laga selanjutnya yang dimainkan klub yang diperkuatnya di kompetisi AFC," demikian bunyi statemen AFC seperti dirilis dalam wensite AFC.

Dimainkannya Cassio langsung diprotes Persipura setelah pertandingan. Sekrang kasus tersebut tengah sedang dibahas di sidang Komisi Disiplin AFC dan keputusannya akan keluar secepatnya. "Setelah pertandingan Persipura langsung protes. Semoga keputusannya segera keluar dan ada wakil Indonesia di Liga Champions Asia," kata Tony Apriliani," ketua KPSI (Komite Penyelamat Sepak Bola Indonesia) yang turut mendampingi Persipura bermain melawan Adelaide.

Dihubungi tadi malam, pelatih Persipura jacksen F Tiago mengaku jika timnya saat ini tengah menunggu keputusan dari Kondis AFC. "Sebagai tim, kami pasti berharap bisa tampil di LCA. Sekarang kami menunggu perkembangannya," kata Jacksen. "Setahu saya, manajemen sudah menyurati FIFAm AFC, dan PSSI juga terkait persoalan ini," sambungnya.    

Jika benar Adelaide United terbukti memainkan pemain tak sah, maka Persipura berhak tampil di fase penyisihan grup. Tapi ada satu syarat lain yang harus dipenuhi. Yaitu keputusan final dari CAS yang menegaskan kemenangan Persipura terhadap PSSI dan AFC. Sebelumnya, CAS telah memenangkan Persipura dalam putusan sela. CAS mengabulkan tuntutan Persipura yang meminta kembali hak mereka untuk tampil di playoff LCA setelah sebelumnya dicoret. (ali)


BACA ARTIKEL LAINNYA... CSKA Moskow Paksa Madrid Bermain Imbang 1-1


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler