Persipura-Persebaya tak Ngotot Juara Wilayah Timur

Jumat, 01 Agustus 2014 – 08:18 WIB

jpnn.com - JAKARTA - Laga Indonesia Super League (ISL) Babak penyisihan grup tinggal menyisakan empat sampai enam pertandingan. Di wilayah Timur, persaingan untuk lolos menjadi wakil empat besar cukup ketat, pun demikian dengan persaingan di tiga besar.

Siapa juara babak penyisihan grup di wilayah timur? Jika kompetisi berakhir besok, jawabannya sudah pasti Mitra Kutai Kartanegara (Kukar).

BACA JUGA: Gerrard Bisa Ikuti Jejak Lampard

Saat ini tim asal Kalimantan Timur tersebut kokoh bertengger di puncak klasemen sementara dengan torehan 32 poin hasil dari sepuluh kali menang, dua kali imbang dan tiga kali kalah.

Meski berpeluang besar juara, tim pelatih Mitra Kukar tak mau Bima Sakti dkk hanya berfokus mengejar title itu. Yang terpenting, lanjut dia, pemain bisa tampil konsisten dan mampu maksimal di setiap pertandingan, baik dari sisi performa maupun hasil akhir.

BACA JUGA: Cavani Tegaskan Bertahan di PSG

"Kami tidak mengejar mau juara grup atau tidak. Yang pasti lolos empat besar. Jangan sampai target itu lantas jadi beban anak-anak nanti," ujar asisten pelatih Rudy Eka Priyambada.

Fokus Kukar sendiri saat ini untuk bisa minimal meraih dua kemenangan dari lima laga tersisa. Melihat jadwal pertandingan, Naga Mekes  (julukan Mitra Kukar)  mengincar kemenangan dari Persela Lamongan atau Perseru Serui dan PSM Makassar.

BACA JUGA: Neymar Sudah Hampir Fit 100 Persen

Sisanya, Rudy menyebut lawan yang dihadapi ini bisa  dimaksimalkan untuk menguji konsistensi permainan timnya.

"Konsistensi itu penting untuk menghadapi delapan besar. Kami sih maunya menang terus, kalau tidak, jangan sampai kalah agar tetap seperti ini," ujarnya.

Persipura yang berada di bawah Mitra Kukar mengusung misi yang sama. Sang pelatih Jacksen F Tiago bahkan tak mau peduli, siapa nantinya yang juara grup, asalkan timnya mampu tetap bertahan di empat besar.

"Juara wilayah itu tidak ada manfaatnya. Kalau sudah bisa lolos sebagai juara wilayah terus gagal di delapan besar, untuk apa?" ucap pelatih asal Brazil tersebut.

Namun, bukan berarti sang juara bertahan tak ingin mempertahankan gelar. Jacksen menyebut bicara juara, baru bisa dilihat setelah mengukur prestasi di delapan besar. Kini, yang terpenting pemain berfokus untuk bisa mendapat tambahan enam poin.

"Dari sisa 15 poin maksimal yang akan kita perjuangkan, dapat enam saja sudah cukup taruh kita di posisi aman. Mau menang sekali trus draw tiga kali, atau menang dua kali sama saja," ungkapnya.

Sementara itu, Persebaya menyebut tetap ada peluang untuk bisa menjuarai wilayah timur dengan torehan yang mereka miliki saat ini. Dengan tabungan sisa pertandingan yang lebih banyak dari tim lain, Pelatih Rahmad Darmawan mengaku butuh empat atau lima kali kemenangan.

"Kalau mau juara grup ya harus menang empat atau lima kali lagi dari sisa enam pertandingan. Itupun dengan catatan kita harus mencuri poin saat main di Mitra Kukar," tegas pelatih yang telah membawa Persipura dan Sriwijaya FC menjadi juara kompetisi kasta teratas di Indonesia tersebut.

Namun, karena mendapatkan sanksi pengurangan tiga poin dari FIFA, Rahmad menyebut tak ada target khusus untuk menjadi juara grup.

"Dengan dikuranginya tiga poin oleh FIFA maka Fokus kita lebih ke lolos dulu delapan besar sambil berhitung perkiraan poin," tandasnya. (aam)

3 Besar Wilayah TImur
1.     MITRA KUKAR     15     10     2     3     28-10     32
2.     PERSIPURA         15     7       8     0     22-10     29
3.     PERSEBAYA         14     9       3     2      29-10     27

===
Mitra Kukar
===

08/Aug/2014     Persela v Mitra Kukar (imbang)
25/Aug/2014     Perseru v Mitra Kukar (menang)
29/Aug/2014     Persipura v Mitra Kukar (kalah)
02/Sep/2014     Mitra Kukar v Persebaya (imbang)
05/Sep/2014     Mitra Kukar v PSM Makassar (menang)
Prediksi tambahan poin 10 (prediksi poin akhir 42)
====
Persipura
===
07/ Aug/2014     Persipura v Putra Samarinda  (menang)
11/Aug/2014     Persiba Balikpapan  v Persipura  (imbang)
29/Aug/2014     Persipura v Mitra Kukar     (menang)
02/Sep/2014     Persela  v Persipura (menang)
05/Sep/2014     Persepam MU v Persipura (menang)    
Prediksi tambahan poin 13 (prediksi poin akhir 42)

====
Persebaya
===
0 9/Aug/2014     Persiram  v Persebaya (imbang)
14/Aug/2014     Persiba Bantul v  Persebaya (menang)
19/Aug/2014     Persebaya v Persela (menang)
22/Aug/2014     Persebaya v Persepam MU (menang)
02/Sep/2014     Mitra Kukar  v  Persebaya (imbang)
05/Sep/2014     Putra Samarinda v Persebaya (kalah)
Prediksi tambahan poin 11 (prediksi poin akhir 38) (aam)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Mourinho Ogah Lego El Nino


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler