Pertama Mengadopsi Transmisi Pintar Y-AMT, Yamaha MT-09 Bakal Dijual Pada Akhir 2024

Selasa, 30 Juli 2024 – 14:30 WIB
Yamaha MT-09 Y-AMT. Foto: Yamaha

jpnn.com - Yamaha bersiap memasarkan big bike bergaya naked Yamaha MT-09 yang pertama mengadopsi transmisi baru Y-AMT (Yamaha Automated Manual Transmission), di Jepang.

Rencananya, Yamaha MT-09 Y-AMT itu mulai dijual pada akhir tahun ini.

BACA JUGA: Yamaha YZ250FX MY2024 Menerima Peningkatan Signifikan, Sebegini Harganya

Teknologi Y-AMT bekerja mengotomatiskan operasi kopling dan perpindahan gigi motor.

Di mana, teknologi tersebut dikembangkan dengan menghilangkan tuas kopling dan pedal pemindah gigi.

BACA JUGA: Motor Listrik Yamaha EMF Hadir Untuk Mobilisasi Perkotaan

Dengan menggabungkan operasi pemindahan gigi ke tuas di setang, sistem itu memungkinkan pergantian gigi yang lebih intuitif.

Dengan begitu, pengendara terbebas dari operasi kopling dan pedal pemindah gigi, sehingga meningkatkan level kenikmatan berkendara.

BACA JUGA: CFMoto Merilis Teaser Skutik 150cc Pesaing Yamaha Nmax dan Honda PCX

Y-AMT memiliki dua pilihan mode, MT dan AT. Mode MT (manual) di mana pengendara mengoperasikan tuas dengan tangan untuk memindahkan gigi.

Lalu, mode AT (otomatis) yang bekerja mengotomatiskan pergantian gigi, memungkinkan pengendara untuk memilih mode sesuai dengan lingkungan jalan berbeda, atau kondisi pengendara sendiri, perubahan cuaca, dan sebagainya.

Baik mode MT maupun AT memiliki respons yang cepat, memberikan pergantian gigi tingkat ahli secara konsisten tanpa mengorbankan performa.

"Transmisi Y-AMT tidak hanya meningkatkan pengalaman menyatu dengan mesin, tetapi juga memberikan lebih banyak kebebasan untuk menikmati pemandangan sekitar, menilai kondisi jalan, dan meningkatkan ketenangan pikiran saat mengoperasikan sepeda motor, sehingga memperluas kemungkinan untuk menikmati kendaraan dan membuka karakter sport ini bagi lebih banyak calon pengguna," demikian keterangan Yamaha Motor. (rdo/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Yamaha Nmax Turbo Mejeng di Jakarta Fair Kemayoran, Ada Hadiah Emas Hingga Motor


Redaktur & Reporter : M. Rasyid Ridha

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler