Pertamina Eco-RunFest 2022, 8.300 Ecochamps Sebarkan Energi Sehat 

Minggu, 27 November 2022 – 14:37 WIB
Ajang Pertamina Eco-RunFest 2022 yang diselenggarakan di Istora Senaya, Jakarta Pusat itu mendapatkan antusiasme tinggi bagi para penggiat olahraga lari. Foto: Dokumentasi Humas Pertamina

jpnn.com, JAKARTA PUSAT - Ajang Pertamina Eco-RunFest 2022 yang diselenggarakan di Istora Senaya, Jakarta Pusat itu mendapatkan antusiasme tinggi bagi para penggiat olahraga lari.

Terbukti, sebanyak 8.300 peserra memenuhi area Senayan Jakarta, Minggu (27/11).

BACA JUGA: Pertamina Eco-RunFest 2022, Ajak Pengunjung Menggalakkan Gaya Hidup Berkelanjutan

Para peserta yang sudah terdaftar memenuhi Challenges Multiple Run dengan berlari bersama dalam berbagai kategori yaitu 1,5K Family Run, 5K Fun Run, dan 10K Race.

Ada juga kategori baru Eco-Run, yakni Half Marathon 21K dengan kategori Umum (usia 18-44 tahun) dan Master (lebih dari 45 tahun).

BACA JUGA: Usung Konsep Baru, Pertamina Eco RunFest 2022 Siap Digelar

"Saya sangat senang animo peserta Pertamina Eco-RunFest sangat tinggi pada tahun ini. Saya memberikan apresiasi untuk seluruh peserta," ujar Direktur Utama Pertamina Nicke Widyawati yang juga ikut lari 5K Fun Run. 

Di tahun ke-9 penyelenggaraannya, Pertamina Eco-Run hadir dengan konsep baru, yakni Sustainable Living yang tidak hanya menyuguhkan ajang lari, tetapi juga menghadirkan Eco-Fest.

BACA JUGA: Pertamina Eco RunFest 2022: Keamanan, Kesehatan & Kenyamanan Peserta Sangat Diutamakan

Adapun konsep baru itu terdiri dari festival musik lintas generasi “Energizing Music Festival” dan bazar dalam negeri “Eco-Market” yang menyuguhkan produk dan gaya hidup ramah lingkungan.

"Melalui kegiatan ini, Pertamina ingin mengajak masyarakat untuk bersama-sama memulai gaya hidup berkelanjutan, kami mulai dari diri sendiri dari hal-hal yang sederhana. Misalnya, yang bisa kami lakukan hari ini, yaitu sadar sampah, buang sampah sesuai kategorinya, kami sudah siapkan tempat-tempat sampahnya,"  ujarnya. 

Menurut Nicke, hal ini selaras dengan aspirasi Pertamina untuk mencapai Net Zero Emission 2060, antara lain dijalankan melalui dekarbonisasi kegiatan usaha Pertamina Group.

Salah satunya ialah penangkapan dan penyimpanan karbon dioksida yang digunakan kembali untuk meningkatkan produksi energi, juga penggunaan energi bersih dan efisien di wilayah-wilayah operasi Pertamina. 

Selain dekarbonisasi, Pertamina juga gencar mendorong energi rendah karbon dan energi terbarukan, seperti bahan bakar nabati, panas bumi, dan hidrogen. 

"Jadi, ayo sama-sama jalankan porsi dalam mendukung Net Zero Emission, supaya masa depan anak cucu dan bumi kita tetap lestari," imbaunya. 

Pelaksanaan Eco-RunFest direspons positif oleh para peserta. 

Salah satunya Kuntoro, yang berangkat dari rumahnya di Kabupaten Bogor dari pukul 04.00 WIB demi mengikuti lomba ini. 

"Semoga kegiatan ini bisa bisa mengenergize kita semua untuk makin sehat dan makin kompak," ujarnya. 

Hal senada disampaikan oleh Baim Wong, artis yang sekarang menjadi youtuber.

Dia mengaku kagum dengan pelaksanaan Eco-RunFest yang mengutamakan keamanan, kesehatan, dan kenyamanan peserta. 

"Tidak mudah mengatur 8.000-an peserta dengan sistem dua ticketing. Tapi saya lihat Pertamina berhasil melakukannya. Keren banget," ucap Baim yang baru pertama kali mengikuti event ini. 

Dketahui, sesuai protokol kesehatan, seluruh peserta Eco-Run dipersyaratkan telah melakukan Vaksin Ke-3 (Booster) untuk dapat mengikuti ajang lari ini. 

Pertamina sudah menyiapkan 235 petugas marshall, dan 30 petugas bike marshall yang akan ditempatkan per 100 meter di sepanjang rute untuk melapisi dan memisahkan para peserta dengan kendaraan.

Selain itu, 60 personil traffic controller juga akan ditugaskan di setiap titik rawan pada rute lari, salah satunya seperti di persimpangan jalan. (jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Pertamina Eco RunFest 2022, Ikuti Serunya Ajang Lari dan Festival Ramah Lingkungan


Redaktur : Dedi Sofian
Reporter : Dedi Sofian, Dedi Sofian

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler