Pertamina Gandeng MES & BSI Bakal Bangun 1.000 Pertashop di Pesantren

Sabtu, 05 Juni 2021 – 12:40 WIB
Pertamina dukung mewujudkan kemandirian pesantren lewat pembangunan 1.000 Pertashop. Foto: Pertamina

jpnn.com, JAKARTA - PT Pertamina (Persero) terus mempercepat pembangungan Pertamina Shop (Pertashop) untuk kemandirian Pesantren.

Direktur Utama Pertamina Nicke Widyawati mewujudkan hal itu lewat kerja sama dengan Perkumpulan Masyarakat Ekonomi Syariah (MES).

BACA JUGA: Pertamina Dukung Program #MajuBarengTikTok untuk Literasi Digital UMKM

Menurutnya, Pertamina dan MES akan melakukan pengembangan bisnis Pertashop serta fasilitas pembiayaan di lingkungan Masyarakat Ekonomi Syariah.

BUMN Energi itu pun akan memanfaatkan jaringan Pesantren yang berada di lingkungan MES untuk memperluas jaringan distribusi energi melalui pembangunan 1.000 unit Pertashop.

BACA JUGA: Pertamina Siap Menyambut Pekerja Chevron Pacific Indonesia

"Untuk memudahkan pembiayaan, MES menggandeng Bank Syariah Indonesia, Tbk sebagai pihak yang akan membantu memberikan pembiayaan melalui fasilitas Kredit Usaha Rakyat (KUR), pembiayaan investasi, dan pemberian fasilitas perbankan lainnya," ujar Nicke di Jakarta, Sabtu (5/6).

Kerja sama tersebut diawali dengan penandatanganan Nota Kesepahaman yang dilakukan bersama Dirut Pertamina Nicke Widyawati dengan Sekretaris Jenderal (Sekjen) MES, Iggi Haruman Achsien serta Direktur Utama BSI Hery Gunardi dan disaksikan oleh Wakil Presiden RI, K.H. Ma’ruf Amin serta Ketua Masyarakat Ekonomi Syariah Erick Thohir di Jakarta pada Jumat, (4/6).

BACA JUGA: Pertamina Hulu Rokan Sosialisasikan LBD untuk Pengembangan UKM Lokal

Lebih lanjut, Nicke Widyawati menjelaskan Pertamina telah membangun kemitraan dengan berbagai pihak untuk pembangunan Pertashop.

Kehadiran Pertashop diharapkan dapat mempermudah masyarakat untuk mendapatkan akses BBM yang ramah lingkungan, yaitu Pertamax dengan harga yang sama seperti di SPBU.

Sebelumnya, Pertamina juga telah membangun Pertashop di Pesantren.

Dia menilai, hadirnya Pertashop di pesantren yang berada dalam jaringan MES merupakan bentuk komitmen Pertamina sebagai BUMN, dalam pemerataan energi berkualitas, dan menggerakan perekonomian nasional.

"Mulai dari tingkat desa melalui UMKM dan pemberdayaan masyarakat kecil dengan investasi yang terjangkau,” ucap Nicke.

Menurutnya juga sebagai bentuk optimalisasi penggunaan Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN) Pertashop, Pertamina juga bersinergi dengan BUMN lain dalam proses produksi fabrikasi modular bersama dengan sejumlah pabrikan swasta lainnya.

“Kerja sama ini menjadi langkah pasti Pertamina dalam memenuhi energi hingga level pedesaan, menggerakkan ekonomi daerah, mendorong masyarakat untuk menjadi entrepreneur serta mengedukasi masyarakat untuk menggunakan BBM ramah lingkungan,” imbuh Nicke.

Sekretaris Jendral MES Iggi Haruman Achsien menyambut positif kerja sama dengan Pertamina sebagai salah satu perusahaan negara yang peduli pada pemberdayaan masyarakat.

Menurutnya, Pertashop akan menjadi program inklusif yang akan memberikan dampak parsial bagi penguatan dan kemandirian ekonomi pondok pesantren.

“Kami dari MES menyambut baik program ini. Kehadiran Pertahsop menjadi angin segar bagi ekosistem ekonomi Pondok Pesantren dalam pembedayaan ekonomi umat. Kita harapkan Pertashop ini juga membawa manfaat secara parsial tidak hanya bagi Pondok Pesantren, tapi juga masyarakat Desa,” ujarnya

Pada kesempatan tersebut, Direktur Utama BSI Hery Gunardi menyampaikan dukungannya sebagai lembaga perbankan berbasis sistem syariah.

BSI berkomitmen mendukung kemandirian pesantren melalui pemberian pembiayaan KUR atau pembiayaan modal kerja dan investasi untuk pendirian Pertashop serta jasa produk lainnya yang mendukung operasional Pertashop.

Melalui jaringan BSI yang tersebar di seluruh indonesia, produk dan jasa perbankan ini dapat diakses secara inklusi oleh berbagai segmen termasuk pesantren. (jpnn)


Redaktur & Reporter : Elvi Robia

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Tag
Pertamina   BSI   Pesantren   Pertashop  

Terpopuler