Pertamina Innovation Berjaya di Ajang Thailand Inventors Day 2024, Grand Prize!

Jumat, 16 Februari 2024 – 14:28 WIB
Tim Pertamina Innovation sukses meraih penghargaan di ajang Bangkok International Intellectual Property, Invention Innovation and Exposition, Thailand Inventors Day 2024. Foto dok. Pertamina Innovation

jpnn.com, BANGKOK - Pertamina Innovation sukses meraih penghargaan di ajang Bangkok International Intellectual Property, Invention Innovation and Exposition, Thailand Inventors Day 2024. 

Dalam event dunia yang digelar pada 2-6 Februari 2024 di Bangkok International Trade Exhibition Center, Thailand ini, Tim Pertamina Innovation mengirimkan 5 inovasi CIP (Continuous Improvement Program).

BACA JUGA: Tim Pertamina Innovation Raih Grand Prize dari SIIF 2019

Kelima inovasi CIP tersebut berasal dari Subholding Upstream, Subholding Refining and Petrochemical, Subholding Commercial & Trading.  

Vice President Organization Capability PT Pertamina (Persero) Rini Widiastuti menyampaikan kelima tim tersebut berhasil meraih penghargaan 4 Gold, dan 1 Silver. 

BACA JUGA: Usung Konsep Performance and Green di IIMS 2024, Pertamina Tampilkan Inovasi Energi Hijau

"Yang membanggakan salah satu tim mendapatkan nilai tertinggi sehingga meraih penghargaan Grand Prize," kata Rini Widiastuti dalam keterangan resminya, Jumat (16/2).

Adapun kelima karya tersebut sebagai berikut:

BACA JUGA: Pertamina Tampilkan Inovasi Energi Hijau dan Berbagai Produk Unggulan dalam IIMS 2024

1. Increase Oil Production with Electric Desalter's Reliability Improvement using UChannel Electrode Clamp in Regional 5 Pertamina Internasional EP berhasil meraih penghargaan Grand Prize, dan Gold Awards.

2. BLENDING PREDICTION “BLENDIC” as a Digital Calculation for Oil Viscosity Prediction on Lube Oil Blending Process at PT Pertamina Lubricants. Berhasil meraih penghargaan Gold dan Special award dari China Association of Inventions.

3. PEARL “Petroleum Engineering Application” 4.0 as A Digital Transformation in Evaluating and Designing Artificial Lift at Oil Field PT Pertamina Hulu Energi. Berhasil meraih penghargaan Gold dan Special award dari Nizhny Novgorod State Technical University.

4. Enhancing The Effectiveness of Preventive Maintenance Through The Innovation of Liquid Grease "PROTEQ"  at PT Kilang Pertamina Internasional Unit VI  Balongan, 

Berhasil meraih penghargaan Gold dan Special award dari Korea Invention Promotion Association.

5. Increasing Oil & Gas Contingent Resources Using ECHA Berhasil meraih penghargaan Silver dan Special award dari Association of Polish Inventors and Rationalizers.

"Kami mengapresiasi prestasi yang ditorehkan para perwira. Budaya berinovasi harus terus ditumbuhkembangkan di organisasi untuk menjawab tantangan global dan perkembangan teknologi yang makin pesat," tutur Rini Widiastuti.

Dia menambahkan prestasi ini tentu saja menjadi penyemangat bagi insan mutu Pertamina untuk terus berkarya secara berkelanjutan, menciptakan inovasi untuk keberlangsungan dan kemajuan perusahaan. Ini sekaligus mengharumkan nama Pertamina dan Indonesia.

PT Pertamina (Persero) berpartisipasi dalam ajang Bangkok International Intellectual Property, Invention Innovation and Exposition, Thailand Inventors Day.

Kegiatan ini merupakan platform bagi para penemu, peneliti, dan inovator untuk memamerkan penemuan inovasi kepada masyarakat, investor, dan perusahaan.

IPITEX, Thailand Inventors Day adalah salah satu pameran penemuan terbesar di Asia dan menampilkan berbagai jenis penemuan di berbagai bidang seperti teknologi, elektronik, industri, medis, lingkungan, pertanian, dan lain-lain.

Pameran ini juga menyelenggarakan berbagai kegiatan, seperti seminar, presentasi, kompetisi inovasi, dan pertemuan bisnis untuk memfasilitasi pertukaran pengetahuan dan kolaborasi antara para peserta.  

Acara tahunan ini diselenggarakan oleh The National Research Council of Thailand (NRCT) atau Dewan Riset Nasional Thailand yang berada di bawah komando Kementerian Pendidikan Tinggi, Sains, Penelitian dan Inovasi Thailand.  

Dalam upaya mempromosikan penemuan dan inovasi, NRCT bekerja sama dengan beberapa organisasi terkait untuk menjalankan kegiatan Thailand Inventors’ Day ini sehingga kegiatan yang sudah berjalan dari 1995 bisa bertahan sampai saat ini. 

Adapun total Inovasi yang berpartisipasi tahun ini sebanyak 608 Inventions.

Tercatat lebih dari 25  negara yang hadir di antaranya Thailand, Indonesia, Korea, China, Taiwan, Macao, Hongkong, Malaysia, Laos, Vietnam, Pakistan, Croatia, Poland, Saudi Arabia, Russia, Romania, Iran, Singapore, India, UK, Egypt, Japan, Phillipines, Canada, dan Sudan. 

Bangkok International Intellectual Property, Invention Innovation and Exposition, Thailand Inventors Day diadakan setiap tahun dan menjadi magnet bagi para inovator serta peneliti internasional yang ingin memamerkan karya mereka maupun menjalin koneksi dengan orang-orang di industri terkait. (esy/jpnn)


Redaktur : Sutresno Wahyudi
Reporter : Mesyia Muhammad

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler