Pertanyakan Konsistensi Pro Duta

Sabtu, 08 Februari 2014 – 07:49 WIB

JAKARTA - Langkah Pro Duta FC mengajukan gugatan ke badan arbitrase olahraga dunia, CAS, dinilai aneh. Pasalnya, di satu sisi mereka berkompetisi di bawah kompetisi PSSI, di sisi lain mereka menggugat PSSI.
    
Menurut Exco PSSI, La Siya langkah Pro Duta yang mengajukan gugatan ke CAS tersebut, adalah langkah yang tak konsisten. Meski itu merupakan hak mereka, tapi lelaki yang juga pengurus Persipura Jayapura itu, menilai klub asal Medan tersebut tidak tegas menentukan sikap.
    
"Silakan saja Pro Duta kembali mengajukan gugatan ke CAS. Itu hak mereka," ucapnya kepada wartawan, kemarin (7/2)
    
Tapi, Dia menegaskan Pro Duta harusnya meniru konsistensi klubnya, Persipura di kompetisi 2013 silam. Dimana, mereka tidak berkompetisi di bawah PSSI yang saat itu mengakui Indonesia Premier League (IPL), tapi tetap berkompetisi di  ISL.  
    
"Perlu saya tegaskan, mereka seharusnya konsisten seperti Persipura dulu. Persipura saat mengajukan gugatan ke CAS sudah mengambil sikap tidak mau bergabung dengan IPL saat kepengurusan PSSI sebelumnya," tambah dia.
    
Sikap Pro Duta ini, sebelumnya juga ditunjukkan oleh klub lain yang sempat menggugat, seperti Persibo Bojonegoro dan Persema Malang karena disanksi oleh PSSI. Tapi, karena mereka mengajukan permohonan untuk kembali menjadi anggota PSSI, gugatan ke CAS mereka pun dicabut.
    
Meski terkesan sebagai syarat negosiasi, tapi, Sekjen PSSI Joko Driyono sebelumnya sudah menjelaskan bahwa pihaknya tak pernah meminta klub-klub mencabut gugatan tersebut. hanya, Joko ingin klub itu konsisten.
    
"Kami hanya ingin setiap kita tidak mendua sikapnya," tutur lelaki asal Ngawi tersebut.
    
Ketidakkonsitenan Pro Duta sendiri memang terlihat, meskipun berusaha mencari keadilan dan menilai PSSI diskriminatif, mereka ternyata tetap menyiapkan tim. Sesuai dengan hasil verifikasi, Pro Duta termasuk 66 klub calon peserta Divisi Utama PSSI.
    
"Kami tetap mendaftarkan diri. Kami tidak mau dianggap tidak ingin berkompetisi, sambil menunggu putusan dari CAS," ujar Legal Officer Pro Duta , Catur Agus Saptono. (aam/ko)

BACA JUGA: Redam Duet Suarez-Sturridge

BACA ARTIKEL LAINNYA... Pellegrini-Johnson Terbaik Premier League Bulan Januari


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler