Perusahaan Diimbau Gelar Mudik Bareng

Jumat, 10 Agustus 2012 – 16:22 WIB
JAKARTA--Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Menakertrans) Muhaimin Iskandar mengimbau kepada seluruh perusahaan untuk dapat menggelar fasilitas mudik bersama bagi para karyawan atau pekerjanya ke kampung halamannya masing-masing.

Menurut Muhaimin, mudik bersama ini sangat membantu meringankan dan mempermudah pekerja/buruh serta keluarganya yang hendak mudik lebaran tahun ini. 

"Seluruh kepala daerah juga diharapkan dapat  segera melakukan berkoordinasi serta membentuk Pos Komando Satuan Tugas (Posko Satgas) Ketenagakerjaan Peduli Lebaran tahun 2012," ungkap Muhaimin di Jakarta,  Jumat ( 10/8).

Dijelaskan, Posko Satgas ini dapat difungsikan untuk melakukan pemantauan pelaksanaan pembayaran Tunajangan Hari Raya (THR) Keagamaan, dan memberi informasi arus mudik lebaran kepada pekerja/buruh.

“Melalui surat edaran, saya sudah mengimbau kepada para gubenur, bupati, walikota, agar dapat mendorong perusahaan di wilayahnya untuk menyelenggarakan mudik bersama pekerja/buruh serta keluarganya," katanya.

Menteri yang akrab disapa Gus Imin ini menerangkan, pihaknya sudah menerbitnya  Surat Edaran (SE) Nomor SE.05/MEN/VII/2012 tentang Pembayaran Tunjangan Hari Raya Keagamaan dan Himbuan Mudik Lebaran Bersama pada 19 Juli 2012 lalu. Surat tersebut ditujukan kepada para gubernur dan bupati/walikota di seluruh Indonesia.

Dengan adanya pemberian THR dan juga fasilitas mudik bersama ini, dapat menunjukkan  suatu upaya perusahaan memberikan ”kesejahteraan” bagi pekerja dan keluarganya. Selain itu, perusahaan dinilai mampu  menciptakan hubungan industrial yang harmonis di perusahaan.          

“Sejauh ini sudah ada sekitar lima perusahaan besar yang bersedia menyelenggarakan mudik bersama bagi para pekerja dan keluarganya dengan jumlah peserta bisa mencapai puluhan ribu orang. Mudik bersama ini  tentu sangat membantu para pekerja dan keluarganya," jelas Gus Imin.

Tak hanya itu, Muhaimin pun mengimbau perusahaan-perusahaan untuk menyalurkan bantuan kepada pekerja/buruh  yang berwujud paket-paket lebaran melalui program Corporate Social Responsibility (CSR) yang dimiliki masing-masing perusahaan. Program ini tentunya sangat menguntungkan dan membantu pada pekerja/buruh dalam merayakan hari lebaran. (Cha/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Istana Bantah Tudingan Antasari Azhar

Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler