Perusahaan Media Rupert Murdoch Danai IPL

Kamis, 17 Januari 2013 – 00:48 WIB
JAKARTA - Kompetisi Indonesia Premiere League (IPL) akan mendapat sokongan dana dari News Corp, perusahaan media raksasa yang berbasis di AS. Selain News Corp, perusahaan media lain yang akan mendukung IPL di musim 2013 adalah MNC Group.

Dukungan itu diungkapkan perwakilan kedua perusahaan di tengah IPL Club’s CEO Pre-Season Meeting 2013 di Hotel Prasada Mansion, Jakarta, Rabu (16/1) malam. Group Director Partnerships and Development Asia News Corp, Sarah Harden, mengatakan, pihaknya siap membantu PSSI guna mengembangkan sepakbola di Indonesia.

"Kami nanti tidak hanya mengurusi liga tapi juga menyentuh masalah periklanan dan kemungkinan menayangkan pertandingan di luar negeri. Kami punya pengalaman melakukan itu di Belanda dan Afganistan," tutur Sarah di hadapan para CEO klub peserta IPL musim depan.

Guna menayangkan laga IPL di luar negeri, News Corp bakal menggandeng anak perusahaannya yang bernama Fox Sports. Perusahaan milik taipan media Rupert Murdoch itu juga akan memanfaatkan jaringan mereka di luar negeri.

Meski demikian Sarah menegaskan, News Corp dan MNC juga akan mendengar masukan dari klub-klub IPL.  "Kami ingin tahu apa yang dibutuhkan klub," ujar perempuan berambut panjang itu.

Dia mengakui sepakbola Indonesia punya potensi yang sangat besar. Salah satunya adalah kekuatan suporter. Tapi di sisi lain ada juga potensi yang terbuang.

Bila itu dikelola dengan baik, ke depan sepakbola Indonesia bisa lebih enak ditonton dan menjual. Dikatakan Sarah, News Corp siap memberikan dana bantuan untuk klub yang besarnya belum ditentukan.

"Dalam waktu dekat segera kami rampungkan transaksi kerjasama dengan PSSI. Tidak bisa kami sebut tanggal pastinya, yang jelas sesegera mungkin," katanya lagi.

Pada kesempatan sama perwakilan MNC Group, David Audy, mengatakan bahwa pihaknya tengah melakukan finalisasi kesepakatan dengan News Corp.  Nantinya, MNC Group sebagai pemegang hak siar kompetisi IPL  menjadi partner News Corp yang bertindak sebagai investor.

"Muaranya adalah menciptakan kompetisi yang lebih bagus. News Corp punya track record dalam memunculkan nilai lebih sebuah kompetisi olahraga, bahkan mereka juga pernah menyatukan dua liga," papar David yang juga Presiden Direktur Global TV itu.(abu/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Raphael Maitimo Dipercaya Jadi Bek Kanan

Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler