Perusahaan Raksasa Teknologi Turun Tangan Hadapi Hoaks Virus Corona

Rabu, 18 Maret 2020 – 19:35 WIB
Ilustrasi sketsa virus Corona. Foto :TechCrunch

jpnn.com - DALAM langkah memerangi informasi tidak benar atau hoaks terkait virus corona yang sudah masif di seluruh dunia, membuat berbagai perusahaan teknologi global seperti Facebook dan Google ikut turun tangan.

Dalam sebuah pernyataan resmi Google, Facebook, Amazon, Microsoft, Apple, IBM, Cisco, dan Twitter menyatakan bahwa mereka akan melakukan kerja sama untuk mengurangi kesalahan informasi Codiv-19.

BACA JUGA: WhatsApp akan Menghadirkan Fitur yang Bisa Hapus Pesan Secara Otomatis

Nantinya, setiap perusahaan akan menggunakan platformnya untuk memberikan informasi secara aktual dan terpecaya terkait kasus virus Corona.

Direktur Jenderal Organisasi Kesehatan Dunia (World Health Organizations/WHO) Tedros Adhanom Ghebreyesus mengatakan, bahwa disinformasi sama berbahaya dengan Covid-19.

BACA JUGA: Facebook Siapkan Duit Gede Banget untuk Bantu Usaha Kecil di Negara Terdampak Virus Corona

Menurut dia, hampir sebulan sebelum WHO secara resmi menyatakan Covid-19 sebagai pandemi, tetapi berita hoaks sudah menyebar terlebih dahulu.

“Kami tidak hanya memerangi epidemi. Kami sedang berjuang melawan infodemik. Berita palsu menyebar lebih cepat dan lebih mudah dari pada virus. Ini sama berbahayanya," kata dia seperti dilansir TechCrunch, Rabu (18/3).

Dia berharap, agar semua perusahaan teknologi tidak hanya memerangi berita hoaks kepada publik.

Dia berpesan agar semua perusahaan teknologi juga bisa memerangi informasi yang menyesatkan tentang Covid-19 di Twitter dan Facebook.

Reddit salah satu platform media sosial sudah menyatakan diri akan menuntun penggunanya untuk menuju situs resmi Centers for Disease Control and Prevention (CDC) untuk mengetahui informasi mengenai virus Corona.

Sama halnya dengan Google. Raksasa teknologi ini baru saja merilis update layanan Discover. Layanan ini memungkinkan pengguna untuk melaporkan kesalahan informasi atau berita sensasional terkait Corona.

Sebagaimana diketahui, kebanyakan orang saat ini memperoleh informasi mengenai corona dari internet dan media sosial. Pasalnya, informasi yang salah terkait corona dapat menimbulkan kepanikan massal. Hal ini justru akan memberikan efek negatif dalam upaya membatasi penyebarannya.

Untuk itu cara terbarik untuk mendapatkan berita valid ialah dengan mengunjungi situs-situs resmi, misalnya WHO, CDC, Kementerian Kesehatan dan website resmi dari pemerintah kota setempat. (mg9/jpnn)

 


Redaktur & Reporter : Dedi Sofian

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler