Perwira Polisi Diserang Massa Ketika Demo di Depan DPR, Begini Kondisinya

Selasa, 12 April 2022 – 06:20 WIB
Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Sambodo Purnomo Yogo (kiri) menjenguk Polantas AKP Rudi Wira di RS Polri Kramat Jati, Jakarta Timur, Senin (11/4/2022), karena menjadi korban penganiayaan massa tidak dikenal saat berunjuk rasa di depan Gedung DPR/MPR RI. (ANTARA/HO-Ditlantas Polda Metro Jaya)

jpnn.com, JAKARTA - Aksi penyerangan dilakukan sejumlah massa terhadap anggota Polri yang sedang bersiaga di depan gedung DPR, Jakarta Pusat pada Senin (11/4) sore.

Total ada enam polisi dari Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya yang menjadi korban penyerangan.

BACA JUGA: Anak Buah Irjen Fadil Menangkap 80 Pelajar Ketika Aksi Demo 11 April

Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Sambodo Purnomo Yogo mengatakan satu dari enam polisi yang diserang harus dirawat di rumah sakit, yakni AKP Rudi Wira

Sambodo menuturkan pihaknya tengah mengejar pelaku. Pengusutan dilakukan dengan cara memeriksa video penyerangan yang tersebar di media sosial.

BACA JUGA: Perwira Brimob Meninggal saat Mengamankan Demo di Kendari, Penyebabnya?

"Tentu ini sudah diusut, dari hasil video yang ada kami sudah identifikasi pelakunya, kemudian dari pihak reserse akan melakukan visum kepada korban," kata Sambodo kepada wartawan di RS Polri Kramat Jati, Jakarta Timur, Senin malam.

Sambodo mengatakan AKP Rudi Wira mengalami memar dan luka pada kepala bagian belakang. Kemudian memar pada bagian dada dan pinggang belakang, diduga akibat pukulan benda tumpul.

BACA JUGA: Kelompok Anarko Terindikasi Terlibat Demo 11 April 2022

AKP Rudi Wira harus dirawat secara intensif di rumah sakit dan belum boleh pulang.

Menurut Sambodo, dirinya sempat ikut menyaksikan bagaimana peristiwa penyerangan itu terjadi.

Ketika kejadian Sambodo dan lima polisi lainnya harus mengevakuasi kendaraan yang terjebak di dalam tol karena melihat adanya sebagian massa aksi unjuk rasa yang memasuki jalan tol.

“Ketika saya berusaha menenangkan massa, tetapi mereka semakin beringas kemudian ada yang memukuli AKP Rudi Wira dan menendang motornya sehingga terjatuh dan terlambat escape (menyelamatkan diri)," ujar Sambodo.

Namun dia tak memungkiri bahwa ada juga massa dari mahasiswa yang melindungi polisi saat itu.

"Saya mengucapkan terima kasih kepada adik-adik mahasiswa yang melindungi AKP Rudi Wira sehingga tidak terjadi luka serius," kata Sambodo. (antara/jpnn)

Jangan Lewatkan Video Terbaru:

BACA ARTIKEL LAINNYA... BEM SI Ungkap Pelaku Kerusuhan di Aksi Demo, Ternyata


Redaktur & Reporter : Elfany Kurniawan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler